Intip Keindahan Sungai Dua Rasa, Sungai Unik yang Mempesona di Sibolangit


Sungai Dua Rasa di Sibolangit adalah sungai unik yang menawarkan sensasi menarik dengan perpaduan air panas dan dingin dalam satu tempat yang sama.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Negri Gugung, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sungai Dua Rasa, sebuah fenomena alam yang memikat hati dengan keindahan alirannya yang unik dan mempesona. Dikatakan dua rasa karena sungai ini memiliki air panas dan air dingin secara bersamaan.

Keindahan alam sungai ini tidak hanya tercermin dari air yang mengalir begitu deras, tetapi juga keunikan dari air sungainya. Bentang alam sepanjang sungai ini mengundang mata untuk menyaksikan panorama yang memberikan ketenangan.

Pepohonan hijau memeluk tepi sungai, memberikan ketenangan bagi wisatawan yang berkunjung. Suara gemericik air yang lembut seolah menjadi lullaby alam yang menenangkan. Penasaran? Lanjutkan untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang wisata alam di Deli Serdang ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Sungai Dua Rasa

Daya Tarik Sungai Dua Rasa
Photo by Mika / Google Maps

Deli Serdang, sebuah kabuoaten yang tidak hanya kaya akan warisan budaya, tetapi juga menjadi rumah bagi fenomena alam yang memukau.

Sungai ini merupakan salah satu keajaiban alam yang ada di wilayah ini, menawarkan daya tarik yang memikat para wisatawan. Inilah beberapa atraksi menarik dari destinasi alam ini, termasuk:

1. Kejernihan Aliran Sungai

Sungai Dua Rasa memukau dengan kejernihan airnya yang luar biasa. Aliran sungai yang jernih membawa kedamaian dan kecantikan tersendiri.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Para pengunjung dapat melihat dasar sungai yang penuh bebatuan dengan jelas, menikmati keindahan batu-batu kerikil yang tersusun rapi di tepi sungai.

Kejernihan air yang dimiliki sungai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. pengunjung bisa menikmati air yang jernih dan sejuk ini dengan berendam atau bermain air di pinggiran sungai yang berbatu.

2. Sensasi Air Panas dan Dingin dalam Satu Tempat

Sungai ini memikat dengan perpaduan unik antara air panas dan dingin di satu lokasi. Beberapa bagian sungai menawarkan sensasi air panas yang menyehatkan, sementara area lain menawarkan kesegaran dengan air dingin yang sejuk.

Pengunjung dapat merasakan dua elemen ini dalam satu petualangan, menciptakan sensasi tidak terlupakan yang jarang ditemukan di tempat lain.

3. Panorama Alam yang Masih Asri dan Hijau

Keindahan Wisata Sungai Dua Rasa juga tercermin dari panorama alam yang masih asri dan hijau. pepohonan yang rimbun dan pohon kelapa yang rindang menyajikan pemandangan yang menyejukan mata.

Dengan air sungai yang jernih berwarna biru kehijauan dan pepohonan yang rindang menciptakan kombinasi yang pas. Tidak hanya airnya yang mempesona dan unik, tetapi didukung oleh lingkungan sekitarnya yang memancarkan kedamaian dan keindahan alami.

4. Manfaat Air Panas di Sungai Dua Rasa

Air panas yang mengalir di sungai unik ini bukan hanya menjadi tempat untuk melepas penat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan.

Air panas dipercayai memiliki kandungan belerang yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit, seperti penyakit kulit, mengurangi stress, serta meningkatkan sirkulasi udara.

Sehingga, berkunjung ke air panas di Sungai Dua Rasa Sibolangit ini tidak hanya memberikan pengalaman berwisata yang menyenangkan, tetapi juga menyehatkan bagi tubuh dan pikiran.

5. Formasi Bebatuan yang Indah

Destinasi wisata ini juga dihiasi oleh formasi bebatuan yang indah dan unik. Bebatuan yang tersebar di sepanjang sungai menciptakan komposisi visual yang menarik. formasi alami ini memberikan daya tarik tersendiri dan menjadi spot fotografi yang unik.

Pengunjung bisa bersantai di atas bebatuan menikmati kesejukan air serta keindahan panorama di sekitar. Pastikan untuk berhati-hati agar tidak terpeleset dikarenakan kondisi bebatuan yang licin.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Sungai Dua Rasa
Photo by A Seng / Google Maps

Sungai unik ini terletak di Desa Gugung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Untuk mencapai destinasi ini dari Kota Medan, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam melalui rute yang meliputi Jl. Guru Patimpus, Jl. Gatot Subroto, Jl. Iskandar Muda, Jl. Jamin Ginting, Jl. Deleng Tinjau, hingga tiba di Sungai Dua Rasa.

Selain itu, akses ke tempat wisata alam ini juga dapat dilakukan melalui jalur darat, laut, atau udara. Bagi yang memilih jalur udara, setelah tiba di Bandara Kuala Namu, perjalanan dapat dilanjutkan dengan kendaraan bermotor melalui rute Jl. Batang Kuis, Jl. Lintas Sumatera, Jl. Dhlan Tj, Jl. Tirta Deli, Jl. Bandar Labuhan, hingga mencapai Sungai Dua Rasa.

Objek wisata Sungai Dua Rasa ini menjadi destinasi yang ramah di kantong, pasalnya harga tiket masuk wisata ini hanya Rp 2 ribu per orang. Dan jam bukanya setiap hari mulai Senin sampai Minggu dari jam 08.00 – 17.00.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Seru Sungai Dua Rasa
Photo by Bang Abs / Google Maps

Berendam di Spot Air Panas dan Dingin

Salah satu keistimewaan Sungai Dua Rasa Sibolangit ini adalah perpaduan unik antara air panas dan dingin. Manfaatkan kesempatan untuk berendam di sungai yang mengalirkan air panas yang menyehatkan.

Dan juga Anda juga bisa menikmati sensasi peralihan dari air panas ke air dingin, memberikan pengalaman relaksasi yang luar bisa dan menyegarkan tubuh dengan segala manfaat yang diberikan.

Trekking dan Hiking di Sungai Dua Rasa

Bagi para penggemar petualangan, wisata alam ini menawarkan rute trekking atau hiking yang menarik untuk dicoba. Wisatawan dapat menjelajahi alam sekitarnya, sambil menikmati pemandangan pepohonan hijau yang lebat dan rimbun.

Pemandangan yang masih alami, sehingga trekking tidak akan terasa membosankan. Trek yang landau dan tidak terlalu menantang, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas trekking tipis-tipis.

Camping di Tepi Sungai

Jika Anda ingin lebih lama berada di wisata nan indah ini, Anda bisa melakukan camping di tepi sungai. Ditemani dengan suara gemericik air sungai, dengan rimbunnya pepohonan akan menciptakan pengalaman berkemah yang romantis dan damai.

Tidak hanya itu, dengan camping wisatawan akan merasakan ketenangan dan kedamaian di tengah hutan yang lebat. Pastikan untuk mencari area terbuka dan tidak terlalu dekat dengan bibir sungai agar memudahkan untuk mendirikan tenda dan melakukan aktivitas lainnya.

Olahraga Air

Bagi para pecinta olahraga air, wisata alam ini menawarkan pengalaman merasakan sensasi serunya bermain olahraga air di wisata ini. salah satu olahraga air yang cocok dilakukan di sungai eksotis ini adalah rafting, karena kondisi sungainya yang dipenuhi bebatuan sehingga menciptakan sensasi yang seru.

Nikmati adrenalin yang diberikan sambil merasakan kejernihan air sungai yang menyegarkan. Aktivitas air ini cocok untuk semua Tingkat pengalaman, dari pemula hingga yang sudah ahli.

Hunting Foto

Ambil kamera dan berburu momen-momen indah di sekitar Sungai Dua Rasa Sibolangit. Abadikan keindahan alam, formasi bebatuan yang unik, atau beberapa fenomena alam lainnya yang bisa menjadi objek foto menarik.

Pastikan untuk memilih spot foto yang pas agar mendapat hasil yang ciamik. Pemilihan angle dalam foto juga berpengaruh terhadap hasil akhir foto.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Sungai Dua Rasa
Photo by Wardi Sagala / Google Maps

Wisatawan yang berkunjung ke wisata alam ini tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang diberikan, pasalnya fasilitasnya sudah cukup lengkap. Diantaranya seperti area parkir, warung atau tempat makan, bangku-bangku kayu, penginapan, dan toilet umum.

Itulah ulasan informatif seputar Wisata Sungai Dua Rasa yang berada di Deliserdang, Sumatera utara. Dengan beberapa daya tarik yang dimiliki, beragam aktivitas menarik, serta manfaat yang diberikan dari air panas yang mengandung belerang, tentunya destinasi wisata ini cocok untuk Anda kunjungi saat akhir pekan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *