Lau Mentar Canyon, Sungai Eksotis di Deli Serdang yang Membentuk Serangkaian Air Terjun


Lau Mentar Canyon di Deli Serdang adalah destinasi wisata alam yang memukau, di mana aliran sungai yang mengukir lembah membentuk serangkaian air terjun yang menawan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rumah liang, Batu pinuh, Kec. Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Lau Mentar Canyon adalah destinasi wisata alam dengan aliran sungai yang mengukir serangkaian air terjun. Kealamian dan keaslian kawasan ini menjadi daya tarik utama para pengunjung untuk berdatangan kesini.

Pengunjung pasti penasaran dengan keindahan alam pada tempat ini, karena selain birunya air, jalur trekkingnya juga dapat memicu adrenalin. Di area wisata Deli Serdang ini juga, pengunjung juga dapat menemukan gua bersejarah yang kaya akan cerita masa lalu.

Kehadiran gua bersejarah, pesona air terjun, serta keelokan sungainya, pasti akan membuat siapa saja tergoda untuk mengunjunginya langsung. Ingin tahu lebih banyak tentang apa yang ditawarkan tempat ini? Mari kita jelajahi lebih lanjut dalam artikel di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Lau Mentar Canyon

Daya Tarik Lau Mentar Canyon
Photo by Sri Ningsih / Google Maps

Pesona Sungai

Setelah berkembangnya zaman, kalian pasti jarang menemukan sungai yang masih jernih. Kebanyakan sungai telah tercampur dengan limbah-limbah pabrik, dan buangan lainnya.

Berbeda dengan Wisata Lau Mentar Canyon, tempat ini memiliki air yang biru dan menyegarkan.

Bahkan dari kejauhan kalian akan melihat keindahan alam dari wisata ini, gemericik air yang mengalir dengan jernih sangat menggiurkan mata.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Meskipun letaknya yang cukup jauh dari desa atau tempat parkir, tempat wisata alam ini akan membuat rasa lelah Anda saat trekking menjadi terbayarkan.

Sungai pada wisata alam ini juga menjadi best view dan paling populer, serta ramai dikunjungi. Kondisi airnya sangat jernih dan terasa keasliannya.

Tidak banyak pengembangan pada wisata ini, bahkan sengaja dibuat tanpa adanya fasilitas-fasilitas lain di sekitarnya untuk mempertahankan kealamiannya.

Kejernihan air yang berwarna biru ini hanya bisa ditemukan saat musim panas atau kemarau, karena jika berkunjung saat musim hujan, debit air akan sangat tinggi dan air menjadi keruh. Berwisata saat musim hujan sangat tidak disarankan, karena selain jalanan yang licin, para pengunjung tidak akan merasa puas menikmati sungai ini.

Pesona Air Terjun

Jika air sungainya saja sangat jernih dan berwarna biru, apalagi air terjun pada tempat wisata ini. Air yang mengalir dari bebatuan yang tinggi, aliran airnya sangat cantik dan putih seakan memebentuk lukisan alam.

Terdapat juga air terjun yang tinggi, sedang, dan rendah, yang dapat kalian nikmati dengan bebas. Pada air terjun Lau Mentar Canyon Deli Serdang ini juga bisa dinikmati dengan mendekat di sekitar aliran airnya, tetapi cukup rawan jika airnya lagi deras.

Wisata Gua

Selain pesona sungai dan air terjun, Lau Mentar Canyon juga memiliki wisata gua yang tidak kalah menarik pastinya. Gua ini berada di sekitar aliran sungai, sehingga dengan mengikuti aliran sungai ini para pengunjung dapat dengan mudah menemukannya.

Stalagmit dan stalagtit pada gua yang diberi nama Gua Harimau dan Gua Canyon sangat menakjubkan. Gua ini terbentuk sangat indah dengan genangan air yang tenang dan cahaya yang samar-samar menerangi seisi gua.

Konon, menurut warga setempat gua yang berada di hilir sungai ini menjadi sejarah dari perjuangan-perjuangan rakyat Indonesia. Bukti lainnya yang mendukung adalah Tugu Juang 45 pada Rumah Liang, yang menyimpan misteri dari kisah sejarahnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Alamat Lau Mentar Canyon
Photo by Anonymous Satyo / Google Maps

Wisata Lau Mentar Canyon terletak di Desa Liang Pematang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Tempat wisata satu ini cukup strategis dan jika menggunakan rute dari pusat kota seperti pada Alun-Alun Deli Serdang, jarak yang harus ditempuh sekitar 68 km.

Rute yang paling sering dilewati untuk menuju lokasi adalah Amplas – Patumbak – Jalan Talun Kenas Patumbak – Jalan Tirta Deli. Sedangkan jika kalian berada di sekitar Tanjung Morawa, rute yang ditempuh yaitu Jalan Tanus Kenas Patumbak – STM Hulu – Tiga Juhar – Desa Liang.

Rute lain yang bisa kalian lewati yaitu Pancur Batu – Jalan Deli Tua – Jalan Sibiru biru – Jalan Talun Kenas Patumbak – STM Hulu – Tiga Juhar – Hingga sampai di kawasan Desa Liang.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Lau Mentar Canyon Deli Serdang ini memiliki 3 daya tarik yang dapat dikunjungi dengan tiket masuk yang berbeda-beda. Jika hanya berkunjung ke 1 tempat saja, biaya tiket masuk yang harus dibayarkan yaitu sebesar 10 ribu rupiah per orang.

Jika para pengunjung tidak mau rugi dan ingin berwisata sekaligus ketiga wisata, maka biaya yang harus dibayarkan untuk tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah.

Tapi tenang saja jika tidak ingin mendatangi wisata goa, dan hanya berkunjung ke 2 tempat, para pengunjung hanya perlu membayar sebesar 15 ribu rupiah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Menarik Lau Mentar Canyon
Photo by Dinda Tri Hasanah / Google Maps

1. Berenang

Lau Mentar Canyon adalah wisata alam berupa air sungai, jadi tidak asik jika datang ke tempat ini tanpa merasakan sensasi berenang di air alami yang menyegarkan.

Apalagi setelah lelah trekking menuju kawasan wisata, pastinya badan lengket dan tergiur dengan birunya air, yang juga terkadang berwarna hijau tosca ini.

2. Keseruan Bermain Air di Lau Mentar Canyon

Beberapa pengunjung mungkin takut sakit karena tidak terdapat ruang ganti baju. Karena untuk mengganti baju Anda yang basah perlu kembali ke desa tempat kendaraan terparkir.

Sehingga pilihan yang tepat adalah sekedar bermain air, dan merasakan dinginnya air saat menyentuh kaki maupun tangan.

3. Trekking yang Memacu Adrenalin

Kondisi jalanan dari desa menuju tempat wisata Lau Mentar Canyon cukup tidak terawat dan beberapa tanjakan yang rawan. Pada jalanan ini juga licin dengan tidak adanya papan penunjuk arah sama sekali.

Jika kalian belum pernah ke tempat ini, disarankan untuk menyewa pemandu karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dan membuat liburan Anda ke tempat ini menjadi tenang

4. Berfoto Ria

Selain melakukan aktivitas sebelumnya, berfoto menjadi salah satu pilihan untuk mengabadikan momen keseruan di Lau Mentar Canyon Deli Serdang.

Wisata yang masih asri dan tidak terlalu banyak pengembangan, membuat foto lebih terasa menarik. Berlatar belakang air terjun dan birunya air sungai, pastinya membuat teman anda ingin juga segara berkunjung kesini.

5. Menikmati Pemandangan

Pemandangan di tempat ini memang tidak tanggung-tanggung, sangat alami dan juga terasa asri. Mulai dari trekking kalian akan disuguhkan pepohonan yang rimbun dan menyejukkan.

Para pengunjung juga akan ditemani suara aliran air sungai yang sangat menenangkan, saat Anda melihat birunya sungai ini dengan air terjun di beberapa titik, dijamin tidak ingin pulang dan betah berada di tempat wisata alam satu ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Lau Mentar Canyon
Photo by Dekri Ginting / Google Maps

Lau Mentar Canyon terletak jauh dari pedesaan dan untuk menuju destinasi ini perlu trekking yang sangat memicu adrenalin. Kawasannya yang melewati hutan dan tanpa adanya petunjuk arah.

Fasilitas juga tidak memadai, jadi para pengunjung harus menyiapkan perlengkapan sendiri mulai dari bekal, minuman, hinggan P3K.

Hanya terdapat satu Gazebo di dekat Air Terjun yang dijadikan sebagai peristirahatan saat trekking. Jalanan dari desa menuju tempat wisata ini juga belum memadai, sehingga sangat harus berhati-hati.

Area parkir pada tempat ini terletak di Desa Liang, selanjutnya akan banyak pemandu yang menawarkan jasa untuk memastikan liburanmu aman.

Dari uraian diatas, pastikan Anda prepare dengan baik dan aman, mulai dari alas kaki yang Anda pakai, hingga perlengkapan-perlengkapan yang akan Anda bawa.

Lau Mentar Canyon belum memiliki fasilitas yang memadai, jadi pastikan membawa barang yang sesuai kebutuhan saja. Selamat berkunjung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *