Intip Pesona Gua Kemang, Gua Bersejarah yang Sarat Misteri di Deli Serdang


Gua Kemang di Deli Serdang merupakan gua bersejarah yang sarat dengan misteri, menampilkan ukiran dinding unik yang mencerminkan warisan budaya dan sejarah yang kaya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun V Durintani, Desa Sembahe, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Gua Kemang menjadi destinasi wisata yang memiliki kekayaan sejarah, gua ini merupakan sebuah batu besar yang ada di atas tanah perladangan milik warga. Gua ini telah diresmikan oleh pemerintah setempat sebagai situs cagar budaya.

Gua ini menyimpan beragam misteri yang menarik minat banyak wisatawan untuk datang berkunjung di Deli Serdang. Simak artikel berikut ini untuk membahas lebih lanjut mengenai sejarah dan cerita dibalik gua tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Gua Kemang

Daya Tarik Gua Kemang
Photo by Sofia Leni / Facebook

1. Menyimpan Cerita Misteri

Cerita misteri dibalik adanya Gua Kemang Deli Serdang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Konon katanya gua ini merupakan rumah bagi makhluk halus yang memiliki bentuk seperti manusia namun lebih pendek dan memiliki kaki yang menghadap ke belakang.

Makhluk tersebut bernama Umang, menurut bahasa Karo Umang memiliki arti sebuah jin atau roh. Cerita misteri tersebut berdasarkan dari pengalaman seorang kakek yang hidup di sebuah kampung bernama Uruk Rambutan.

Kakek tersebut ingin pergi membuka ladang dan ditengah perjalanan bertemu dengan si Umang tersebut. Si Umang menawarkan bantuan kepada kakek dengan syarat yang harus ditepati yaitu tidak diperbolehkan membawa perempuan dan anak kecil.

Kakek itu menyanggupi, akhirnya Umang bersama teman-temannya membantu kakek untuk membuka ladang. Dalam sehari saja lahan sekitar 3 hektar itu sudah siap ditanami. Melihat kejanggalan tersebut, sang istri curiga dan keesokan harinya membuntuti si kakek.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Umang pun tau akan hal itu dan marah besar kepada sang kakek, lahan yang sudah siap ditanami itu telah ditumbuhi semak belukar kembali. Sang kakek pun membuka ladang kembali dan menemukan batu besar yang disebut Gua Kemang.

2. Terdapat Pahatan Pada Dinding Gua

Jika Anda berkunjung ke gua ini, Anda akan melihat pahatan pada dinding gua di sebelah belakang. Pahatan tersebut berbentuk seperti manusia yang memiliki tubuh mungil. Pahatan tersebut sangat unik dan cukup menarik perhatian.

3. Bentuk Gua Yang Halus Dan Rapi

Wisata Gua Kemang memiliki bentuk gua yang halus dan rapi, seolah-olah tidak terbuat dari bongkahan batu melainkan terbuat dari dinding semen. Gua ini menampilkan desain yang unik, berbentuk seperti segitiga kerucut, dan memiliki pintu masuk berukuran kecil yang berbentuk segi empat.

Ukuran pintu tersebut sekitar 50×50 cm saja, di dalam gua terdapat sebuah ruangan besar yang memiliki ukuran sekitar 3×2 meter. Menurut masyarakat sekitar, ceruk pada dinding utara gua memiliki fungsi untuk menyimpan senjata dan dinding sebelah timur digunakan untuk memasak. Konon katanya, tungku yang digunakan untuk memasak terbuat dari emas.

Namun, saat ini tungku tersebut sudah tidak ada lagi. Tempat ini biasanya juga digunakan sebagai pertapaan atau pemujaan yang dikeramatkan. Bahkan masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Bukit Tirta Nadi.

4. Keindahan Alam Yang Memukau

Gua ini terletak di tengah hutan, menjadikan tempat ini memiliki pemandangan yang alami dan asri. Disepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan berbagai jenis flora dan fauna endemik. Perjalanan Anda akan ditemani oleh suara kicauan burung yang sangat merdu.

5. Tidak Dapat Dipindah Atau Dihancurkan

Sudah sejak lama, banyak upaya untuk memindahkan Gua Kemang, namun hingga saat ini tidak ada yang berhasil. Bahkan konon katanya penjajah Belanda juga tidak berhasil saat ingin menghancurkan gua ini.

Sejak kejadian tersebut, masyarakat sekitar menyembah gua ini dan menyebutnya sebagai sembahe yang dianggap sebagai tempat sakral. Namun, secara ilmiah gua ini dianggap sebagai batu peninggalan zaman purba yang masih utuh hingga saat ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gua

Alamat Gua Kemang
Photo by Omded / Instagram

Kawasan Wisata Gua Kemang terletak di pedalaman hutan Desa Duritani, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Anda bisa memulai perjalanan dari tengah Kota Medan dengan perjalanan yang memakan waktu sekitar satu jam.

Gua ini mudah ditemukan, Anda hanya perlu mencari sebuah gerbang di pinggir jalan yang berada di antara Medan dan Berastagi. Setibanya di gerbang tersebut, Anda harus mendaki 62 anak tangga terlebih dahulu.

Pastikan bahwa fisik Anda kuat untuk menaiki tangga tersebut. Anda juga harus membawa bekal minum yang mencukupi untuk kebutuhan Anda selama perjalanan menuju gua, karena di tempat ini tidak terdapat warung menjual minuman atau makanan.

Anda dapat menempuh perjalanan menuju ke gua dengan menggunakan kendaraan pribadi, kemudian memarkirkannya di dekat gapura.

Sayangnya, tidak ada lahan parkir yang disediakan dan tidak ada yang menjaga kendaraan. Jadi, Anda perlu berhati-hati dan menjaga keamanan kendaraan Anda masing-masing.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Seru Gua Kemang
Photo by Sofia Leni / Facebook

Hunting Foto

Anda dapat hunting foto di sekitar Gua Kemang Deli Serdang ini, Anda dapat mengabadikan beberapa bagian gua dan pahatan yang ada di dinding gua. Selain itu, tempat ini juga berada di tengah hutan yang asri, jadi cocok sekali jika Anda melakukan hunting foto.

Eksplorasi Alam di Gua Kemang

Sekitar Gua Kemang merupakan area hutan yang ditumbuhi banyak pepohonan rindang, tidak jarang Anda juga akan menemukan buruh endemik yang berterbangan. Eksplorasi alam menjadi hal yang seru untuk dilakukan.

Di dekat gua juga terdapat sungai dengan air yang jernih, Anda bisa sejenak melipir kesini saat merasa lelah setelah trekking. Anda dapat bermain air atau hanya mencuci muka untuk merasakan kesegarannya.

Eksplorasi Sejarah

Gua ini menyimpang banyak sekali sejarah, Anda dapat mengeksplorasi sejarah dari Wisata Gua Kemang ini kepada warga sekitar. Banyak sekali warga sekitar yang ramah dan senang hati untuk menjelaskan sejarah dari gua tersebut.

Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang tertarik pada sejarah. Setiap pengunjung wajib menjaga kelestarian gua ini akan dapat digunakan sebagai tempat pendidikan sejarah bagi generasi muda.

Bersantai

Anda dapat bersantai duduk di tangga dengan menikmati keindahan alam yang ada. Anda juga bisa membawa bekal makanan atau minuman yang dapat Anda nikmati di atas sini. Namun, Anda harus menjaga kebersihan lingkungan gua dan pastikan tidak ada sampah yang tertinggal.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Gua Kemang
Photo by Pariwisata Deli Serdang / Facebook

Wisata ini tidak memiliki fasilitas yang menunjang, bahkan Anda akan kesulitan untuk menemukan toilet dan warung makan. Wisata ini memang belum dikelola dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat sekitar.

Untuk kedepannya diharapkan pemerintah bersama masyarakat sekitar dapat menjadikan Gua Kemang di Deli Serdang ini sebagai destinasi wisata yang menarik dan dapat menunjang penghasilan masyarakat sekitar.

Semoga kedepannya akan dibangun banyak fasilitas untuk menunjang wisata ini. Sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Gua bersejarah ini juga semakin banyak dikenal orang.

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat berkunjung ke wisata ini, selalu jaga sikap dan ucapan Anda saat berada di gua yang sarat misteri ini.

Mengingat tempat ini merupakan tempat sakral bagi warga sekitar, sebaiknya Anda jangan berkunjung di sore atau menjelang malam hari. Gua Kemang tidak hanya menjadi destinasi wisata sejarah saja, namun juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Hutan yang masih asri dan alami ini membuat setiap pengunjung merasakan kesegaran dan ketenangan. Ayo berkunjung ke situs cagar budaya Sumatera satu ini bersama teman-teman Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *