Air Terjun Tanjung Raja, Wisata Alam Tersembunyi di Deli Serdang yang Lagi Hits


Air Terjun Tanjung Raja merupakan sebuah pesona alam tersembunyi di Deli Serdang, dikelilingi oleh keanekaragaman flora dan fauna endemik yang menawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Besar Gn. Meriah, Lau Lutih, Tanjung Raja, Kuta Tengah, Kec. Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Air Terjun Tanjung Raja menyimpan sejuta keajaiban alam yang menakjubkan. Terletak di daerah yang jarang dijamah oleh banyak orang menjadikan air terjun ini masih sangat asri. Air terjun ini menjadi salah satu surge alam tersembunyi di Sumatera.

Bagi Anda pecinta alam dan petualangan, tempat wisata di Deli Serdang ini sangat cocok sekali untuk Anda kunjungi. Anda akan disuguhkan keindahan alamnya yang luar biasa. Mari menjelajahi air terjun ini lebih dalam lagi.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tanjung Raja

Daya Tarik Air Terjun Tanjung Raja
Photo by Yori Andromeda / Google Maps

Masih Asri Dan Alami

Wisata Air Terjun Tanjung Raja memiliki alam yang masih asri dan alami, menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung. Banyak orang berkunjung hanya untuk menghilangkan kelelahan sejenak.

Air terjun menawan  ini dikelilingi oleh banyak pepohonan yang rindang, tidak jarang Anda akan menemukan banyak flora dan fauna endemik yang cantik dan unik. Tempat ini memang cocok Anda jadikan destinasi wisata untuk melupakan rutinitas Anda sejenak.

Mudah Diakses

Salah satu daya tarik bagi wisatawan banyak berkunjung ke air terjun ini, karena memiliki rute yang mudah diakses. Tidak seperti kebanyakan air terjun lainnya yang mengharuskan pengunjung untuk trekking terlebih dahulu.

Jalur yang harus Anda lewati cukup mudah karena Air Terjun Tanjung Raja Deli Serdang ini berada di tepi jalan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan merasa lelah di perjalanan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Air Terjun Yang Membentang Seperti Tirai

Salah satu hal yang unik dan menjadi daya tarik adalah bentuk air terjun yang membentang seperti tirai. Bentuk air terjun seperti inilah yang banyak disukai oleh wisatawan. Hal ini karena pengunjung dapat berenang dengan aman di bawah air terjun.

Tidak seperti air terjun pada umumnya yang mengalir deras dan membahayakan pengunjung lainnya jika ingin berenang di bawahnya. Apalagi jika Anda berkunjung membawa anak-anak, tempat ini sangat aman sekali untuk Anda kunjungi.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Air Terjun Tanjung Raja
Photo by Emsix Store / Google Maps

Wisata Air Terjun Tanjung Raja terletak di Jalan Besar Gunung Meriah, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Perjalanan Anda bisa dimulai dari pusat Kota Medan dengan durasi sekitar 2 jam.

Jika Anda memulai perjalanan dari Danau Linting, Anda akan menempuh perjalanan lebih cepat yaitu 30 menit saja. Perjalanan bisa dilakukan menggunakan kendaraan pribadi. Tidak perlu khawatir karena akses jalan ke lokasi tersebut sangat lancar.

Jalan aspal menuju ke air terjun sangat halus dan Anda juga akan melewati jembatan Lau Luhung yang cukup terkenal. Jembatan tersebut merupakan jembatan gantung tertua yang memiliki pemandangan sungai dibawahnya.

Anda tidak perlu membayar tiket masuk saat mengunjungi wisata alam ini, karena tempat ini gratis bagi semua wisatawan yang berkunjung. Anda dapat menikmati panorama keindahan wisata ini kapan saja Anda mau karena wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Seru Air Terjun Tanjung Raja
Photo by Suhendri / Google Maps

1. Berenang

Berenang menjadi kegiatan wajib yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Air Terjun Tanjung Raja di Deli Serdang ini.

Wisata ini memiliki kolam alami di bawahnya dengan air yang jernih dan tentunya sangat segar. Anda juga bisa berenang di bawah aliran air terjun untuk mengendurkan otot-otot.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat berenang atau bermain di air terjun ini karena batuan yang ada di bawah air cukup licin.

2. Trekking di Air Terjun Tanjung Raja

Kegiatan seru yang dapat Anda lakukan adalah trekking menuju ke air terjun kedua yang ada di hulu sungai. Anda akan disuguhkan pemandangan yang lebih indah karena air terjun tersebut dikelilingi lebih banyak pepohonan yang asri dan rindang.

3. Piknik Bersama

Piknik bersama menjadi kegiatan yang wajib Anda lakukan jika berkunjung ke Air Terjun Tanjung Raja Deli Serdang. Anda bisa membawa makanan atau minuman dari rumah untuk dinikmati bersama di pinggir air terjun.

Makan bersama di alam terbuka dengan suasana yang sejuk dan tenang membuat pengalaman berwisata Anda tidak akan terlupakan. Namun, Anda harus tetap menjaga kebersihan lingkungan air terjun, pastikan tidak ada sampah yang tertinggal.

4. Hunting Foto

Tempat ini menjadi tujuan para fotografer karena panorama keindahan alamnya, Anda dapat mengabadikan momen indah tersebut dengan berfoto. Jika Anda memiliki minat terhadap dunia fotografi, Anda juga dapat hunting foto flora dan fauna endemik yang ada di sini.

Bahkan Anda dapat menjadikan wisata ini menjadi salah satu tempat untuk foto pre wedding. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung untuk berlibur sekaligus melakukan sesi foto pre wedding.

5. Climbing

Bagi Anda pecinta aktivitas outdoor yang menantang, kegiatan satu ini sangat cocok Anda lakukan. Anda dapat melakukan climbing di Air Terjun Tanjung Raja karena air terjun cantik ini tersusun dari batuan yang berbentuk seperti tangga dan tidak licin sama sekali.

Anda bisa membawa peralatan sendiri dari rumah atau menyewa peralatan climbing dari luar, karena di tempat ini tidak menyediakan peralatan climbing.

6. Bermain Voli Air

Jika Anda berkunjung bersama rombongan, kegiatan satu ini sangat cocok untuk Anda lakukan. Anda dapat bermain voli air dengan membawa bola voli sendiri dari rumah. Aktivitas ini pasti sangat menggembirakan dan menarik.

Selain bersenang-senang, kegiatan satu ini juga membuat badan Anda menjadi lebih bugar dan terasa lebih segar. Jangan lupa untuk melakukan kegiatan satu ini ketika berkunjung ke Air Terjun Tanjung Raja.

7. Bersantai

Bersantai menjadi kegiatan yang cocok dilakukan bagi Anda yang lelah melewati perjalanan yang cukup panjang. Anda bisa menenangkan diri di sisi air terjun sambil mengagumi keelokan alam sekitarnya.

Anda juga dapat membawa buku kesukaanmu untuk Anda baca sambil bersantai di tepi air terjun. Dapat dipastikan Anda akan merasakan suasana yang damai dan tenang ditemani oleh suara gemuruh air yang jatuh ke bawah.

8. Menanam Pohon

Aktivitas ini sangat sesuai untuk mereka yang tergabung dalam kelompok penggemar alam. Untuk melestarikan lingkungan di Air Terjun Tanjung Raja, Anda bisa melakukan upaya dengan menanam pohon. Dengan begitu, Anda dapat berkontribusi dalam menciptakan alam yang asri.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Air Terjun Tanjung Raja
Photo by Suhendri / Google Maps

Wisata ini masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah dan warga setempat, sehingga masih belum banyak fasilitas yang ada di sini. Anda hanya akan menemukan toilet umum dan beberapa pondok yang dapat Anda gunakan untuk bersantai.

Di Air Terjun Tanjung Raja Deli Serdang ini masih belum terdapat warung makanan atau minuman. Sangat di sarankan Anda membawa makanan atau minuman sendiri dari rumah. Memang penduduk sekitar masih belum mempunyai inisiatif untuk mengelola wisata ini.

Tapi tidak menutup kemungkinan suatu saat warga sekitar akan mulai mengelola tempat wisata ini. Dikarenakan wisata satu ini sudah mulai ramai dikunjungi, pemerintah sekitar harus membantu warga sekitar dan melakukan sosialisasi mengenai pengembangan wisata.

Air terjun ini tidak hanya sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, tetapi juga menjadi wisata alam yang membuat Anda bersyukur akan keindahan ciptaan tuhan. Ayo berkunjung ke Wisata Air Terjun Tanjung Raja dan lestarikan keindahan alamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *