Sampuren Edelweiss, Surga Alam Tersembunyi di Deli Serdang yang Lagi Hits


Jelajahi keindahan alam Sampuren Edelweiss di Deli Serdang, di mana air terjun kembar yang mempesona berpadu sempurna dengan kejernihan air Sungai Lau Gumuh.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Imam Bonjol No.9, Tanjung Garbus Satu, Kec. Lubuk Pakam, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sampuren Edelweiss merupakan destinasi wisata yang terletak di wilayah Medan. Tempat ini dikenal sebagai salah satu air terjun yang paling memikat di kota ini.

Jika Anda sedang berada di Medan dan mencari tempat wisata menarik, air terjun Sampuren Edelweiss patut untuk dikunjungi.

Air terjun ini masih belum terlalu populer di kalangan wisatawan, sehingga keasriannya masih terjaga. Tempat ini menjanjikan pemandangan alam yang menawan.

Ingin tahu lebih banyak tentang pesona yang ditawarkan oleh air terjun Sampuren Edelweiss Deli Serdang? Berikut informasi lengkapnya di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Sampuren Edelweiss

Daya Tarik Sampuren Edelweiss
Photo by Citizen6 / Twitter

1. Air Terjun Kembar Eksotis

Perjalanan menuju area air terjun ini bisa dibilang cukup menantang. Anda perlu melewati jalan yang curam dan berbatu, karena masih belum ada jalur atau petunjuk resmi yang dibuat untuk mengarah ke air terjun.

Namun, semua usaha dan lelah Anda akan hilang seketika sampai di kawasan air terjun eksotis ini. Di Sampuren Edelweiss Deli Serdang ini, Anda akan disambut oleh pemandangan air terjun yang mempesona, dengan airnya yang jernih mengalir berdampingan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, menambah keindahan alam di sekitarnya. Dan karena masih sulit dijangkau oleh masyarakat, wisata alam ini masih sangat asri dan membuat Anda betah untuk berlama-lama.

2. Dalam Kawasan Hutan Lindung

Kawasan Wisata Sampuren Edelweiss punya keindahan alam yang alami. Hal ini karena wisata ini masuk dalam kawasan Hutan Lindung.

Tempat yang ideal bagi mereka yang mencari ketenangan, jauh dari hiruk-pikuk. Maka bisa mengunjungi tempat ini.

3. Sungai Lau Gumuh yang Jernih

Daya tarik lainnya yang bisa Anda temui selain air terjun yaitu Sungai Lau Gumuh. Sungai ini mengalir langsung dari air terjun. Disini Anda bisa beristirahat sejenak ataupun mandi.

Di bagian atasnya terdapat pipa saluran air yang digunakan oleh masyarakat. Nah, di sungai ini juga terdapat batu-batu besar yang membuat sungai nampak estetik.

4. Asal Usul Penamaan

Wisata alam ini ternyata memiliki nama yang menarik dan filosofis. Penamaan ini dibuat dari para komunitas pecinta alam yang sedang berkunjung ke air terjun.

Mulanya wisata ini dinamai Air Terjun Kembar, namun diganti dengan bahasa karo dan menjadi Sampuren Edelweiss. Penamaan ini sudah ada sejak tahun 2014. Penamaan dilakukan oleh Komunitas Pecinta Alam Telapak Sumut.

Penamaan ini diberikan oleh ketua Telapak Sumut yaitu Pay. Pemberian nama ini juga tidak sembarang. Melainkan terdapat makna filosofisnya. Kata Sampuren bermakna air terjun.

Kemudian Edelweiss memiliki arti keabadian. Harapan dari penamaan ini air terjun akan terus ada selamanya.

5. Pesona Alam Selama Perjalanan

Perjalanan menuju air terjun tidak hanya ekstrim, melainkan ada pemandangan indah yang bisa Anda nikmati. Beberapa di antaranya Anda bisa menikmati hutan yang masih alami.

Karena termasuk alam bebas, Anda tetap harus berhati-hati dengan binatang penghisap darah. Seperti lintah yang sering ditemukan di jalan yang berlumpur maupun hewan-hewan kecil lainnya.

Pemandangan menarik lainnya terletak pada barisan bukit dan suasana alam yang hijau. Keindahan alam ini bahkan bisa Anda lihat dari kejauhan. Panorama ini akan membuat anda seolah tidak ingin meninggalakan tempat ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Alamat Sampuren Edelweiss
Photo by Citizen6 / Twitter

Tempat Wisata Sampuren Edelweiss berada di Desa Deleng Great, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, di Kabupaten Deli Serdang, wilayah Sumatera Utara.

Wisata alam ini cukup jauh dari Kota Medan, maka dari itu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menuju ke lokasi.

Rute yang bisa Anda ikuti yaitu dimulai dari Delitua, Talun Kenas, Tiga Juhar, Durian IV Mbelang, Si Bunga-Bunga Hilir, Tangga Batu, Buluh Nipes, Rumah Rih, Durin Tinggung, Bah-Bah Buntu dan berakhir di Deleng Great.

Jika sudah sampai di kawasan terakhir, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Karena di sana belum ada penunjuk arah, maka bisa bertanya ke penduduk sekitar.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Untuk menikmati keindahan hutan dan air terjun yang ada di Sampuren Edelweiss, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Karena wisata eksotis ini gratis dan bisa dimasuki oleh siapapun.

Bahkan beberapa masyarakat sekitar ada yang belum mengetahui tempat wisata ini. Karena belum mendapat perhatian khusus, jam operasional di tempat ini juga tidak terjadwal. Jadi wisatawan bisa berkunjung kesini kapan saja tanpa perlu khawatir.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Seru Sampuren Edelweiss
Photo by Medanwisata.com

Menikmati Panorama Alam

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan di Sampuren Edelweiss yaitu menikmati panorama alam. Selama perjalanan menuju wisata Anda sudah bisa menikmati keindahan barisan bukit dan pepohonan yang hijau.

Kemudian saat tiba dikawasan air terjun, Anda juga bisa menikmati suasana hutan yang asri dan penuh dengan kicauan burung.

Mandi di Kolam Air Terjun Sampuren Edelweiss

Objek wisata ini menawarkan keindahan air terjun dan kolam alami yang menawan. Usai melakukan perjalanan melelahkan Anda bisa mandi di air terjun indah ini.

Airnya yang jernih dan menyegarkan akan membuat Anda fresh kembali. Selain itu, Anda juga harus membersihkan kaki yang berlumpur selama melakukan perjalanan ke wisata.

Tracking Menuju Wisata

Perjalanan menuju Sampuren Edelweiss Deli Serdang bisa dijadikan tempat tracking yang menantang karena Anda harus melewati bebatuan, jalan berlumpur dan licin.

Bagi para pecinta alam tracking merupakan kegiatan yang menyenangkan jika berkunjung kesini.

Oleh karena itu, mempersiapkan kondisi fisik dan mental yang prima adalah penting saat mengunjungi tempat wisata ini.

Hal ini karena perjalanan yang sulit dan Anda bisa saja bertemu dengan hewan-hewan di hutan.

Mengunjungi Jembatan Lau Hulung

Selama perjalanan panjang menuju Sampuren Edelweiss, Anda pasti membutuhkan tempat untuk beristirahat sebentar. Anda bisa beristirahat sejenak di Jembatan Lau Hulung.

Sembari beristirahat, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang memukau. Apalagi di bagian bawahnya terdapat aliran sungai jernih yang menyejukkan.

Di tempat ini belum terdapat informasi mengenai tempat parkir, jadi Anda bisa memarkirkan kendaraan di dekat sungai. Di dekat sungai ini terdapat rumah panggung lama yang sudah tidak digunakan.

Tempat ini bisa untuk beristirahat ataupun parkir kendaraan. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan mengikuti arus sungai.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Sampuren Edelweiss
Photo by Medanwisata.com

Wisata alam ini dapat dikatakan perlu dikembangkan lagi, hal ini karena tidak terdapat informasi mengenai fasilitas yang ada di Sampuren Edelweiss Deli Serdang.

Jadi, jika Anda merasa tertantang untuk datang ke wisata ini, sebaiknya siapkan berbagai keperluan yang dibutuhkan. Meski fasilitas yang belum lengkap, keindahan wisata alam ini tidak perlu diragukan lagi.

Wisata alam di sana belum terjamah manusia, sehingga suasana alam masih asri dan bersih dari sampah. Jadi, wisata ini sangat cocok untuk Anda yang mencintai alam dan hobi hacking.

Itulah beberapa hal mengenai Wisata Sampuren Edelweiss. Meski belum lengkap, wisata alam ini bisa jadi pilihan untukmu. Apalagi jika Anda suka mencoba hal-hal baru yang belum terlalu terkenal. Nah, tertarik untuk berkunjung ke wisata alam ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *