Pesona Air Terjun Satu Hati, Wisata Alam Tersembunyi di Deli Serdang


Air Terjun Satu Hati merupakan wisata alam tersembunyi yang dikelilingi pepohonan rindang di Deli Serdang, menawarkan pemandangan air terjun yang menakjubkan dan suasana alam yang memikat.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Martelu, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Air Terjun Satu Hati merupakan destinasi air terjun yang berada di daerah Deli Serdang tepatnya berada di Provinsi Sumatera Utara atau Sumut.

Wisata air terjun di Provinsi Sumatera Utara memang tidak ada habisnya, selain itu beberapa tempat wisata juga menyediakan spot menarik.

Air terjun ini juga terkenal dengan nama Air Terjun Sibolangit, dikelilingi pepohonan yang rindang dan hijau menjadikannya memiliki pemandangan yang menakjubkan. Sungguh keindahan alam yang disajikan sangatlah memukau bagi para wisatawan.

Air yang segar dan jernih bisa langsung bias Anda rasakan, jika Anda mengunjungi Wisata Air Terjun Satu Hati ini. Dan Anda akan merasakan keganasan alirannya yang sangat deras. Terdapat juga berbagai kegiatan menyenangkan lain yang bisa Anda nikmati

Harga tiket yang dimiliki wisata air ini juga murah meriah dikantong. Berikut informasi selengkapnya tentang salah satu air terjun menawan yang berada di Provinsi Sumut Indonesia.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Satu Hati

Daya Tarik Air Terjun Satu Hati
Photo by Mniber Putra / Google Maps

1. Pemandangan yang Indah

Air terjun tersebut adalah destinasi alam yang tempatnya tidak jauh dari Bumi Perkemahan Sibolangit. Setelah melewati area Bumi Perkemahan Sibolangit, Anda akan menemukan petunjuk arah ke air terjun di sisi kiri jalan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Anda akan diberikan pemandangan alam yang luar biasa indah selama melakukan perjalanan ke arah air terjun, Pemandangan tersebut seperti hutan, jeruk, dan kopi.

2. Perjalanannya Indah

Perjalanan menuju Air Terjun Satu Hati di Deli Serdang ini terbilang cukup bagus, atau tidak terlalu buruk, tapi Anda harus berhati-hati saat musim hujan datang.

Karena jalan yang tadinya tidak licin akan menjadi licin di musim hujan, Air terjun ini juga menarik karena tingginya yang mencapai 20 meter dan memiliki aliran air yang sangat kuat.

Di air terjun ini terdapat sebuah keunikan, yaitu adanya batang pohon yang secara tidak sengaja terposisi miring dan bersandar pada air terjun tersebut.

3. Healing

Udara sejuk dan dingin juga bisa Anda rasakan saat mengunjungi air terjun ini untuk healing, ditambah pepohonan yang rimbun menambah sejuk suasana di sana.

Memandangi air terjun bisa membuat hatimu rileks dan healing sejenak, semua keindahan dan pemandangan air terjun ini menjadikannya tidak kalah keren dengan wisata air terjun lainnya yang berada di Sumatera Utara.

Menikmati pemandangan yang sangat mempesona ini sangat dianjurkan bersama keluarga, teman, atau sahabat, sehingga Anda bisa berbagi kebahagiaan bersama.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun

Alamat Air Terjun Satu Hati
Photo by Mniber Putra / Google Maps

Lokasi Wisata Air Terjun Satu Hati ini berada di daerah Sibolangit, dan di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Indonesia.

Rute yang bisa Anda gunakan saa akan menuju ke lokasi air terjun tersebut bisa dari Kota Medan, dan perjalanan yang Anda tempuh sekitar 1,5 jam, dan tempat wisata itu tidak jauh dari Bumi Perkemahan.

Berikutnya, saat Anda melewati Kawasan Bumi Perkemahan Sibolangit, akan ada papan petunjuk yang menunjukkan arah. Dari pos awal, Anda dapat berjalan kaki menuju Air Terjun Satu Hati, perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 20 menit.

Penting untuk diingat bahwa harga tiket masuk dapat berubah sesuai dengan hari dan tanggal. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa dan mengkonfirmasi harga tiket sebelum berangkat.

Uang tiket yang terkumpul digunakan untuk memastikan kebersihan dan pelestarian area wisata air terjun tersebut. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan biaya akomodasi selama menginap di Air Terjun Satu Hati Deli Serdang.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, siapkan dana tambahan untuk keadaan darurat, anggaran bahan bakar, dan pemeliharaan kendaraan.

Namun, jika Anda memilih menggunakan transportasi umum, pastikan untuk mengecek tarif atau biaya yang berlaku terlebih dahulu.

Sebelum melakukan perjalanan menuju wisata air terjun ini, hendaklah Anda mempersiapkan beberapa hal, siapkan perlengkapan apa saja yang akan Anda bawa, dan diperlukan, jangan sampai membawa perlengkapan yang tidak terlalu dibutuhkan.

Apabila Anda berencana bepergian dengan kendaraan pribadi, penting untuk memeriksa kondisi kendaraan Anda terlebih dahulu, termasuk tekanan ban, level oli, dan kondisi mesin.

Di sisi lain, jika Anda memilih menggunakan transportasi umum, pastikan untuk mengetahui jadwal keberangkatan dan tarif yang akan dikenakan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Anda perlu melanjutkan perjalanan kira-kira 1 km lagi untuk mencapai posko Air Terjun Satu Hati.

Setelah sampai, Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 15.000 per orang, Anda bisa berhemat sedikit, karena biaya parkir kendaraan pribadi di area wisata air terjun tersebut sudah termasuk biaya retribusi, menarik.

Selain itu, biaya tersebut juga sudah termasuk biaya menggunakan guide atau pemandu, sangat murah meriah bukan?

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Seru Air Terjun Satu Hati
Photo by Alviani Zulfika Sallagan / Google Maps

Berfoto Selfi

aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah berfoto bersama keluarga ataupun teman yang diajak untuk mengenang kenangan saat berada di Air Terjun Satu Hati Deli Serdang.

Banyak spot yang disuguhkan oleh wisata air terjun cantik ini, Anda juga bisa mengambil foto dengan memanfaatkan alam sekitar yang asri. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengajak keluarga atau teman-teman Anda guna menikmati pengalaman seru yang unik.

Memandangi Alam Sekitar Air Terjun Satu Hati

Ingatlah bahwa menikmati pemandangan alam merupakan kegiatan yang mengasyikkan dan menggembirakan, dimana suara-suara alam yang dibawa angin dapat meredakan ketenangan jiwa dan pikiran.

Suara kicauan burung yang merdeka turut menambah ketentraman suasana. Anda juga dapat menutup mata sebentar untuk merasakan kesegaran alam sekitar.

Berendam di Air

Anda juga bisa berendam di air yang mengalir di bawah air terjun untuk menyegarkan diri. Bisa juga Anda melakukan kegiatan seperti vlogger yang merekam keindahan alam di sekitar air terjun. Ingat untuk membawa baju ganti, supaya Anda tidak kedinginan setelah bermain air.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Air Terjun Satu Hati
Photo by Mniber Putra / Google Maps

Wisata Air Terjun Satu Hati ini sangat cocok untuk Anda pecinta wisata air dan juga pengunjung baru, kenapa? Karena tersedia fasilitas gratis biaya parkir.

Fasilitas parkir tersebut memang dijadikan satu dengan biaya tiket masuk wisata. Anda juga bisa memakai jasa guide untuk menuntun Anda di perjalanan menuju wisata air ini.

Tenang, karena biaya guide juga sudah termasuk biaya masuk, yaitu Rp 15.000 per orang, dan Anda juga sudah bisa menikmati fasilitas airnya.

Air yang terdapat di Air Terjun Satu Hati Deli Serdang ini memiliki air yang jernih dan juga bersih, selama musim hujan belum datang. Karena kalau musim hujan datang, air akan meluap, dan menimbulkan tanah muncul ke permukaan karena derasnya.

Jalanan yang tersedia di jalan arah ke wisata ini juga akan licin dan berlumpur. Anda perlu ekstra hati-hati, dan pakailah pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca dan keadaan.

Jika Anda ingin mengetahui Air Terjun Satu Hati ini dengan detail, Anda bisa menyewa guide, karena jasa tersebut tersedia di wisata ini.

Perjalanan yang akan Anda lalui ketika ingin ke wisata air terjun ini sejujurnya tidak terlalu sulit, tapi Anda harus berusaha dan berhati-hati, karena harus menuruni tebing-tebing untuk sampai ke bawah.

Jangan khawatir, karena sudah tersedia tali tambang untuk membantu Anda saat menuruni tebing-tebing.

Itulah beberapa hal yang menjelaskan bagaimana Air Terjun Satu Hati yang berada di Sumatera Utara, mulai dari pesona yang diberikannya dengan berbagai keindahan alam, sampai fasilitas yang diberikan.

Biayanya tidak perlu sampai merogoh kocek dalam-dalam, karena hanya cukup dengan Rp 15.000 Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada.

Jangan lupa jagalah kebersihan selalu jika Anda selesai makan dan minum, agar lingkungan terjaga keasriannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *