Pusuk Buhit, Tempat Sempurna Menyaksikan Keindahan Danau Toba di Samosir


Temukan keajaiban alam yang memukau di Pusuk Buhit, tempat sempurna untuk menikmati panorama Danau Toba yang menawan dari ketinggian di Pulau Samosir

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Bunga, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

Pusuk Buhit, terletak di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), adalah destinasi alam menawan di Pulau Samosir, populer sebagai lokasi pendakian. Gunung ini dikenal sebagai tempat yang ideal untuk menyaksikan keindahan Danau Toba.

Dengan ketinggian 1972 meter di atas permukaan laut, wisata alam ini menjadi salah satu tujuan utama saat musim liburan di daerah ini.

Tempat ini bukan hanya sekadar destinasi wisata Samosir, menurut kepercayaan masyarakat setempat, gunung ini merupakan tempat asal mula Suku Batak.

Legenda di daerah tersebut mengisahkan bahwa Mulajadi Nabolon, leluhur Suku Batak, berasal dari gunung ini, di mana ia turun dari kayangan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pusuk Buhit

Daya Tarik Pusuk Buhit
Photo by 大仁偉 / Google Maps

1. Terkenal dan Populer

Pusuk Buhit Samosir, yang terletak di Sumatera Utara, dikenal sebagai tujuan wisata alam yang sangat menarik. Terletak di dekat Danau Toba, keindahan alamnya menambah daya tarik bagi banyak pengunjung.

Selain itu, gunung ini merupakan puncak tertinggi di kawasan tersebut, membuatnya semakin populer. Gunung ini juga dihormati sebagai tempat sakral oleh masyarakat setempat dan dipercaya sebagai tempat asal-usul Suku Batak.

Advertisement. Scroll to continue reading.

2. Panorama Yang Dimiliki

Panorama Gunung Pusuk Buhit menawarkan pemandangan Danau Toba yang menakjubkan, menjadikannya destinasi liburan yang sempurna. Gunung ini tidak hanya memiliki keindahan alam, tetapi juga nilai sakral bagi masyarakat sekitar sebagai tempat berdoa.

Dari puncak, Anda dapat menikmati panorama alam yang mempesona, termasuk Danau Toba dan bukit-bukit di sekitarnya yang eksotis. Di malam hari, lampu-lampu kota tampak gemerlap dari atas.

Jalur yang sering dipilih oleh wisatawan dan peziarah untuk sampai ke sini adalah melalui Desa Limbong, yang terletak di Kecamatan Sianjur Mula-mula, Harian Boho, dan Pangururan.

3. Keindahan Tersembunyi

Pusuk Buhit di Samosir memiliki daya tarik luar biasa dengan keindahan tersembunyi yang mempesona, meskipun dikenal sebagai tempat yang memiliki nilai magis. Keindahan Gunung Pusuk Buhit Samosir ini sebanding dengan panorama alam di New Zealand.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan objek wisata sejarah Suku Batak sepanjang perjalanan.

Terdapat berbagai tempat menarik di sekitarnya, seperti Puncak View Simullop, Desa Siboro, Wisata Aek Rangat, Air Terjun Naisogop, Batu Hobon, Rumah Persaktian Siraja Batak, Perkampungan Siraja Batak Sigullati, Batu Sawan, Pusat Geopark Kaldera Toba, dan Boho.

Gunung Pusuk Buhit terletak di Pangururan, Pulau Samosir, dan memiliki sejarah kental dengan Suku Batak.

4. Sejarah Pusuk Buhit

Sejarah ini mengungkapkan bahwa bukit di sekitar Danau Toba terbentuk secara alami, dan mempertahankan bentuk aslinya dengan sendirinya.

Karena itu, sejak zaman kuno hingga sekarang, tempat wisata ini dianggap sakral. Inilah salah satu yang membuat destinasi wisata alam ini sangat ramai dikunjungi.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Pusuk Buhit
Photo by 大仁偉 / Google Maps

Destinasi wisata Pusuk Buhit adalah salah satu pilihan populer di Sumatera Utara (Sumut). Lokasi destinasi ini berada di daerah Finolat di Sianjur Mula-mula, dan berada di Kabupaten Samosir Sumatera Utara Indonesia, jam operasi yang dimiliki oleh wisata ini adalah 24 jam lamanya.

Wisata ini terkenal karena berada di pinggir Danau Toba dan juga terkenal sebagai tempat ziarah, dan berdoa. Dan Anda dapat menyaksikan Ritual yang diadakan oleh masyarakat Suku Batak waktu dalam waktu tertentu.

Jika Anda berkunjung ke Wisata Pusuk Buhit ini, jangan terkejut bila terdapat beberapa desa yang berpenghuni dalam hamparan padang rumput yang luas, dan enak dipandang mata.

Selain pemandangan indah yang mempesona, biaya yang Anda keluarkan tidaklah sampai merogoh kantong terlalu dalam. Ajaklah keluarga untuk mengunjungi destinasi ini agar Anda bisa menikmatinya bersama-sama.

Jika Anda masih bingung mau memakai rute yang mana, Anda bisa mencari referensi lagi melalui internet, atau melalui kenalan dekat yang sudah berpengalaman, atau yang pernah berkunjung ke sini.

Banyak fasilitas dan aktivitas yang bisa Anda lakukan, jadi jangan khawatir rasa bosan akan datang.

Beberapa rute bisa Anda lalui jika ingin berlibur ke tempat ini, seperti dari Kota Medan, Anda harus melakukan perjalanan ke Kabupaten Karo. Dari daerah Karo, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Dairi, dan ke arah Panguruan.

Untuk pendakian, titik awalnya berada di rumah persaktian dimana Anda bisa mempelajari kisah dan asal usul Suku Batak.

Melakukan pendakian ke puncak Gunung memerlukan kurang lebih 5 jam perjalanan, perjalanan tersebut tidak akan terasa melelahkan dan membosankan jika Anda menikmati pemandangan sekitar yang menawan hati.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 10.000, Anda dapat segera memasuki dan menikmati pesonanya.

Selain biaya masuk, para pengunjung juga menarik uang parkir. Parkir mobil biayanya sebesar 10.000, sedangkan sepedah motor separuh harga biaya parkir mobil yaitu Rp 5000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Seru Pusuk Buhit
Photo by 大仁偉 / Google Maps

Berlibur ke Wisata Alam Pusuk Buhit di Samosir, Sumatera Utara ini, menawarkan berbagai kegiatan menyenangkan.

Anda bisa menikmati trekking menyusuri jalur alam yang indah, ml, berfoto dengan latar pegunungan yang memukau, serta menikmati keindahan Danau Toba di ketinggian.

Menyaksikan Pemandangan

Kunjungan ke objek wisata alam ini akan memperkenalkan Anda pada pemandangan alam yang memukau.

Kegiatan tersebut memang hal wajib yang harus Anda rasakan. Udara yabg segar dan panorama yang alami sangat jarang Anda rasakan di tempat lain, bisa  Anda dapatkan di sini.

Berkunjung ke Menara Pandang Tele di Pusuk Buhit

Di Pusuk Buhit Samosir, Anda dapat menikmati pemandangan eksotis dari Danau Toba. Pengalaman ini akan semakin seru dengan menikmati dari Menara Pandang Tele yang ada disekitar wisata.

Tempat ini sempurna untuk berbagi momen bersama teman-teman ataupun keluarga yang turut serta dalam perjalanan wisata Anda.

Kegiatan Trekking

Kegiatan trekking ke puncak untuk menikmati keindahan alam. Biasanya wisatawan yang rela melakukannya adalah pecinta alam sesungguhnya. Kemudian Anda bisa melihat hamparan bunga langka yaitu Edelweis, sebutan lainnya adalah bunga abadi.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Pusuk Buhit
Photo by 大仁偉 / Google Maps

Fasilitas yang Bisa Anda Nikmati di Wisata Pusuk Buhit Ada Beberapa, Diantaranya Seperti: Penginapan juga tersedia jika Anda ingin menginap di wisata ini.

Destinasi ini juga menyediakan Mushola untuk umat muslim yang ingin bersembahyang dan berdoa. Toilet juga tersedia untuk pria dan wanita.

Pusat Informasi merupakan tempat yang sangat penting, dimana Anda bisa mendapatkan sebuah informasi tentang wisata tersebut. Rumah Makan juga merupakan sebuah fasilitas yang tersedia, beberapa masakan khas bisa Anda rasakan dengan harga yang berbeda-beda.

Toko Oleh-Oleh juga tidak kalah menarik, belilah buah tangan untuk oleh-oleh keluarga tercinta. Area Parkir lumayan luas, bisa Anda gunakan dengan bebas.

Tempat Sampah juga tersedia di beberapa area, sehingga Anda tidak punya alasan untuk membuang sampah sembarangan lagi, jagalah kebersihan. Bagaimana? Destinasi ini sudah mulai membuatmu tertarik bukan, setelah membaca beberapa informasi di atas.

Sumatera Utara memang memiliki berbagai macam destinasi dengan keindahan alam yang bermacam-macam dan juga unik, Anda penyuka alam dianjurkan sekali untuk mencoba destinasi ini satu kali seumur hidup.

Karena pemandangan yang asri dan mempesona akan menghipnotismu, apalagi saat berada di puncak Pusuk Buhit Samosir ini, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *