Intip Keindahan Air Terjun Loknya, Air Terjun yang Menakjubkan di Deli Serdang


Air Terjun Loknya di Deli Serdang, sebuah wisata alam yang menakjubkan, menghadirkan keindahan air terjun yang mempesona di tengah dataran tinggi yang eksotis.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deliserdang, Sumatera Utara.

Air Terjun Loknya, terletak di Deli Serdang, Sumatera Utara, adalah destinasi sempurna bagi pecinta alam dan penggemar wisata air terjun.

Sumatera Utara, dikenal kaya dengan air terjun yang memukau, beberapa di antaranya bahkan terkenal sebagai yang terindah di Indonesia.

Setiap air terjun di daerah ini memiliki keunikannya sendiri, serta fakta-fakta menarik yang pasti akan memikat para pengunjung.

Kunjungan ke Air Terjun Loknya menawarkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa. Tempat ini juga ideal untuk menenangkan pikiran, merilekskan diri, dan sangat direkomendasikan sebagai tempat singgah selama liburan.

Pengalaman menyaksikan panorama alam di air terjun ini dijamin akan memberikan kesan yang tidak terlupakan. Sebelum menjelajahi destinasi wisata internasional, cobalah mengunjungi salah satu keajaiban alam ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Loknya

Daya Tarik Air Terjun Loknya
Photo by Imaji / Twitter

1. Keindahan Air Terjun

Wisata yang berada di Sumut ini mempunyai pemandangan yang indah dan menenangkan. Para wisatawan akan diberikan pemandangan air terjun yang mengalir dan bebas ke area sungai kecil yang berada di bawahnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tidak hanya itu saja, area yang memiliki bebatuan besar juga menambah ketegasan daerah ini. Air yang berada di Air terjun ini sangata alami, karenatidak memiliki kandungan belerang, dan campuran kaporit.

Jika Anda ingin merasakan bagaimana rasa dan sensasi air yang jernih, Anda bisa mandi di sekitar kawasan air tersebut. Dan karena itu, pengunjung wisata Air Terjun Loknya ini tidak akan merasa bosan jika berada disini.

2. Menjadi Wisata Pilihan

Air Terjun Loknya di Deli Serdang menjadi destinasi favorit bagi banyak wisatawan, terutama saat akhir pekan atau hari libur. Dengan ketinggian mencapai 25 meter, air terjun ini memberikan kesan yang mendalam bagi setiap pengunjung.

Saat merasa lelah setelah berkeliling, suara gemericik air terjun di Loknya bisa meningkatkan semangat dan menenangkan pikiran. Letaknya yang agak terpisah dari pemukiman penduduk menambah suasana tenang dan nyaman di sekitar air terjun.

Ini menjadikannya tempat yang ideal untuk melepaskan kepenatan dari hiruk pikuk kehidupan kota besar. Karena hal tersebut juga diberi nama “Loknya” berasal dari kata yang berarti ‘tempat yang nyaman’.

3. Berada di Dataran Tinggi.

Air Terjun Loknya, yang terletak di dataran tinggi, menawarkan suasana alam yang sejuk dan menyegarkan, menjadikannya tempat yang tepat untuk mengusir kelelahan setelah hari-hari kerja yang sibuk.

Di sekitar curahan air terjun, terdapat kolam alami yang dikelilingi oleh pemandangan pepohonan yang indah dan mempesona, menambah keasrian dan kesejukan suasana.

Ketika cuaca cerah dan tidak hujan, debit air terjun terlihat tidak terlalu deras dan airnya jernih.

Namun, selama musim hujan, debit air cenderung meningkat dan menjadi lebih deras dengan warna air yang keruh. Kondisi ini mengubah visual air terjun, yang biasanya jernih, menjadi keruh.

Satu hal yang menjadi kekurangan dari air terjun eksotis ini adalah kurangnya perhatian dari pemerintah. Hal ini cukup disayangkan, mengingat potensi besar yang dimiliki oleh tempat wisata alam ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun

Alamat Air Terjun Loknya
Photo by Didik Wahyudi / Instagram

Wisata Air Terjun Loknya tidak berada jauh dari Kota Medan, yang menjadikannya destinasi pilihan para pengunjung, karena aksesnya mudah. Anda hanya membutuhkan sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan untuk menuju wisata tersebut.

Alamat detailnya berada di Desa Bandar Baru, di Kecamatan Sibolangit, dan di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Untuk kendaraannya, Anda bisa memakai berbagai jenis kendaraan, sangat mudah di akses bukan? Titik pintu masuk menuju wisata air terjun di Sibolangit ini berada di Jalan Ginting.

Jalan tersebut adalah Medan-Berastagi yang bertepatan berada di samping Kantor Kepala Desa Bandar Baru. Wisatawan harus menelusuri desa kurang lebih 950 meter dari persimpangan tersebut.

Kemudian, Anda bisa langsung menuju pintu masuk Pantai Loknya. Untuk memudahkan pengunjung, pihak pengelola wisata air terjun ini telah menyediakan peta yang akan membantu Anda menavigasi dan menemukan lokasi-lokasi penting selama berkunjung.

Peta ini sangat berguna untuk memandu Anda langsung ke pintu masuk dan menjelajahi area sekitar air terjun.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket masuk ke Air Terjun Loknya Deli Serdang memiliki harga yang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 15.000 per kendaraan. Harga ini sangat ramah di kantong, baik untuk individu maupun keluarga, dan sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Selain itu, tersedia beberapa pondok yang dapat digunakan untuk istirahat sejenak setelah perjalanan atau untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Harga sewa pondok juga cukup terjangkau, hanya Rp 20.000, sehingga Anda bisa menikmatinya bersama keluarga.

Jika Anda lupa membawa bekal makanan dan minuman, tidak perlu khawatir karena di sekitar lokasi wisata terdapat penjual makanan dan minuman meskipun jumlahnya masih terbatas.

Namun, disarankan untuk membawa bekal dari rumah jika Anda menginginkan variasi makanan yang lebih banyak, karena pilihan makanan dan minuman di sini masih terbatas.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Air Terjun Loknya
Photo by Hendy Tan / Instagram

Berfoto Selfi

Aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke wisata air terjun ini adalah melakukan foto selfi bersama keluarga, spot foto alami akan terkesan estetik dan instagramable.

Selain itu Anda juga bisa menikmati segarnya air dengan bermain air di kawasan air terjun tersebut. nikmati momen tersebut, karena jarang anda dapatkan ditempat wisata yang lain.

Menikmati Air Yang Jernih di Air Terjun Loknya

Air Terjun Loknya dikenal karena kejernihan airnya yang memikat, yang seolah-olah mengundang wisatawan untuk segera masuk dan menikmati bermain air. Ini merupakan salah satu alasan utama banyak wisatawan mengunjungi tempat ini.

Anda memiliki kebebasan untuk memilih tempat favorit Anda, baik itu berendam di kolam alami atau bermain air langsung di bawah guyuran air terjun.

Menikmati Keindahan Alam.

Saat berkunjung ke Wisata Air Terjun Loknya, mengagumi keindahan alam adalah pengalaman yang tidak boleh terlewatkan. Pemandangan air terjun yang menawan, bersanding dengan keasrian alam sekitarnya, menciptakan panorama yang menakjubkan.

Keindahan ini seringkali menarik banyak pengunjung yang berkeinginan kuat untuk menikmati suasana dan keunikan air terjun tersebut.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Air Terjun Loknya
Photo by Sumatera Utara / Instagram

Air Terjun Loknya Deli Serdang menawarkan fasilitas dasar yang memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan alam yang menyejukkan mata dan hati.

Bagi pengunjung yang tertarik untuk mengadakan kegiatan barbeque, perlu membawa peralatan sendiri karena fasilitas barbeque belum tersedia di lokasi.

Tersedia juga lahan parkir yang cukup untuk berbagai jenis kendaraan, dengan biaya parkir yang sudah termasuk dalam tiket masuk. Ini memudahkan pengunjung dalam mengatur biaya kunjungan mereka.

Gazebo disediakan untuk beristirahat dan bersantai, sangat berguna ketika Anda merasa lelah. Untuk menginap, Anda bisa berdiskusi dengan petugas di lokasi.

Air Terjun Loknya, yang memiliki ketinggian 25 meter, adalah salah satu destinasi wisata menarik di Sumatera Utara. Biaya masuknya terbilang ekonomis, terutama bagi rombongan yang datang dengan satu mobil.

Informasi ini diharapkan dapat membantu Anda dalam menambah wawasan dan menjadi referensi untuk kunjungan wisata Anda. Terima kasih sudah membaca, semoga informasi ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *