Wisata Batu Rongring, Menjelajahi Deretan Gua Eksotis dengan Bebatuan yang Unik di Langkat


Wisata Batu Rongring di Langkat menawarkan pengalaman eksplorasi serangkaian gua eksotis dengan formasi bebatuan unik yang memukau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sei Musam, Kec. Batang Serangan, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Wisata Batu Rongring adalah tujuan wisata alam di Langkat yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser. Destinasi ini menampilkan keajaiban alam yang terdiri dari batu-batu unik, pepohonan rimbun, dan suara gemericik air yang menenangkan.

Tempat ini sangat sesuai bagi para pengunjung yang mencari keindahan alam yang masih asli dan belum terjamah. Masih kurang dikenal oleh banyak orang, Wisata Batu Rongring Langkat ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan sensasi yang berbeda dalam perjalanan menuju kawasan wisata.

Keunikan dari wisata ini terletak pada batu-batu besar yang membentuk gua-gua alami. Batuan ini tidak hanya luas tetapi juga besar, membentuk gua yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan sebuah air terjun. Ingin tahu lebih banyak? Simak ulasan lebih lanjut.

Daya Tarik yang Dimiliki Batu Rongring

Daya Tarik Batu Rongring
Photo by Bagus Subiantoro / Google Maps

Wisata Batu Rongring adalah destinasi yang unik, ditandai dengan batu-batu besar berbentuk abstrak. Lanskapnya didominasi oleh pepohonan, air, dan batu-batu tersebut.

Begitu memasuki area ini, pengunjung disambut oleh berbagai formasi batu hingga gua-gua yang masing-masing memiliki nama unik. Tempat ini menawarkan pemandangan yang memukau, dimana setiap sudutnya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang beragam.

Para pengunjung juga dapat menjelajahi gua-gua yang ada di sini. Batu Rongring sangat menarik bagi pencinta alam dan menjanjikan pengalaman yang tidak mudah dilupakan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Destinasi ini menyoroti keindahan alam tersembunyi Indonesia, menambah daftar tempat wisata khas negeri ini. Pengelolaan wisata ini terus berkembang, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan menarik lebih banyak pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Wisata Batu Rongring
Photo by Baturongring / Instagram

Wisata Batu Rongring terletak di Dusun Penampean, Desa Sungai Musam, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Untuk mencapainya dari Medan, perjalanan dimulai dari Binjai, dilanjutkan ke Stabat dan Sawit Seberang, sebelum akhirnya tiba di tempat wisata.

Perjalanan menuju tempat wisata ini menawarkan lingkungan yang masih alami dan asli, dimulai dari daerah Sawit Seberang, pintu masuk menuju Batu Rongring.

Namun, perjalanan ini cukup menantang; jalan yang berlubang dan rusak membutuhkan tenaga ekstra. Setelah memasuki perkebunan sawit, kondisi jalan berubah menjadi tanah dan kerikil, yang membuat perjalanan semakin melelahkan.

Kendaraan roda dua bisa melewati jalur ini, namun jika kondisi kendaraan tidak mendukung, berbagai masalah seperti kerusakan rem atau ban bisa terjadi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Seru Wisata Batu Rongring
Photo by Baturongring / Instagram

1. Menjelajah Alam atau Trekking

Mengunjungi Wisata Batu Rongring Langkat memang memerlukan usaha yang cukup besar dan bisa melelahkan. Namun, banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung ke sini justru karena pengalaman trekking yang ditawarkan.

Ditambah lagi, destinasi ini menawarkan beragam pemandangan alam yang menakjubkan dan keunikan formasi batuan yang membuat pengunjung terpesona dan tak henti-hentinya menikmati keindahan sekitar.

2. Kegiatan Camping di Wisata Batu Rongring

Wisata Batu Rongring menawarkan area luas yang cocok untuk kegiatan berkemah. Suasana alam seperti suara dedaunan yang bergerisik, aliran sungai, kicauan burung, serta pemandangan bintang dan bulan di malam hari, pasti akan membuat pengalaman berkemah di tempat ini menjadi tak terlupakan.

3. Menikmati Sensasi Air Panas Glugur

Destinasi wisata ini memiliki sebuah gua besar yang dikenal sebagai Gua Arif. Gua ini unik karena memiliki sumber air panas. Air yang mengalir di gua ini tidak hanya jernih, tetapi juga terasa hangat di beberapa bagian.

Fakta menarik ini belum banyak diketahui oleh publik, karena informasi tentang sensasi air panas di Gua Arif belum tersebar luas.

4. Mendaki Bukit Behem

Puncak Bukit Behem, terletak di dekat Batu Rongring, merupakan area yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang lebat. Di bukit ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang memukau, dijamin akan memikat mata dengan keindahannya dan kesegaran udaranya.

Mendaki Bukit Behem membutuhkan kehati-hatian ekstra karena medannya yang masih alami dan jalur yang terjal.

5. Menelusuri Gua Angklung dan Vertikal

Di Wisata Batu Rongring, ada sebuah gua yang dikenal sebagai Gua Angklung. Gua ini unik karena dinding-dinding batunya, ketika dipukul, menghasilkan suara yang mirip dengan alat musik angklung, nyaring dan bergema.

Gua Angklung juga memiliki aliran sungai dan air terjun yang menambah suasana tenang. Namun, melihat air terjun ini cukup sulit karena minimnya pencahayaan di dalam gua, sehingga cahaya senter pun tidak cukup untuk menerangi pemandangan.

Tidak jauh dari Gua Angklung, terdapat Gua Vertikal. Perbedaannya, gua ini lebih terang dan dapat dimasuki dari atas, atau dengan menggunakan teknik rappelling.

6. Tubing di Sungai

Tubing adalah aktivitas yang serupa dengan arung jeram, namun dalam versi yang lebih kecil, di mana pengunjung mengapung di atas ban besar yang diikat bersama dan mengarungi sungai.

Di Wisata Batu Rongring Langkat ini, sungai yang airnya jernih bagaikan kaca menjadi tempat ideal untuk tubing. Sungai Musam, dengan kejernihannya, menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan unik untuk dinikmati.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Wisata Batu Rongring
Photo by Baturongring / Instagram

Penginapan

Meskipun Wisata Batu Rongring masih tergolong baru dan belum terkenal luas, penduduk lokal di sekitar area ini telah menyediakan homestay yang nyaman untuk penginapan sementara sebelum melanjutkan perjalanan wisata. Jadi, tidak perlu khawatir jika Anda tiba di wisata ini pada waktu malam.

Paket Berlibur

Semakin banyak agen perjalanan yang mulai menawarkan paket liburan ke Wisata Batu Rongring di Langkat ini. Beberapa di antaranya bahkan menawarkan paket perjalanan selama tiga hari dua malam (3D2N) untuk mengeksplorasi semua aktivitas yang tersedia di destinasi alam ini.

Paket-paket tersebut pastinya akan mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung, sambil tetap mendapatkan bimbingan dari pemandu profesional.

Posko Ranger

Wisata Batu Rongring dilengkapi dengan tim profesional yang sangat memahami area wisata ini. Keamanan yang ketat dan kesiapsiagaan terus-menerus diterapkan mengingat wisata ini masih sangat alami dan belum banyak mengalami pengembangan.

Jika pengunjung memerlukan bantuan atau menghadapi situasi berbahaya, tim dari posko ini siap bergerak untuk memberikan pertolongan. Mereka juga berperan sebagai pemandu untuk mengarahkan pengunjung ke lokasi wisata.

Penyedia Alat untuk Berwisata

Di Wisata Batu Rongring, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas petualangan. Namun, aktivitas-aktivitas ini memerlukan kewaspadaan dan peralatan khusus, seperti tali untuk turun ke dalam gua dan ban untuk mengarungi sungai.

Tempat ini memang dirancang untuk memberikan pengalaman yang mengesankan dan menantang bagi para wisatawan yang datang berkunjung.

Wisata Batu Rongring di Langkat, Sumatera Utara, adalah destinasi yang sangat layak untuk dijelajahi. Di tengah keramaian dan kompleksitas perkotaan, tempat ini menawarkan sebuah oasis keindahan alam yang masih asri dan belum terlalu terkenal.

Keindahan alam yang tersembunyi menjadikannya destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam daftar tujuan liburan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *