Review Mobil Toyota Land Cruiser – SekilasInfo.net


Sekilasinfo.net. Salam petrolheads! Hari ini, kita akan membahas salah satu ikon legendaris dalam dunia off-road, yaitu Toyota Land Cruiser. Meskipun reputasinya sangat kuat dan andal, banyak orang merasa bahwa Land Cruiser terkesan terlalu pertanian jika dibandingkan dengan saingan-saingannya yang lebih modern, seperti Land Rover Discovery.

Pada tahun 2018, Toyota memberikan Land Cruiser pembaruan besar, tetapi tampaknya itu masih belum cukup untuk menjegal persaingannya dengan beragam SUV dan crossover mewah yang mendominasi pasar saat ini. Hampir semua pesaingnya menawarkan tingkat kenyamanan dan dinamika berkendara di jalan raya yang sulit ditandingi oleh Land Cruiser. Kemudian, pada tahun 2020, Toyota memberikan beberapa peningkatan, termasuk dalam performa mesin dan penambahan peralatan standar.

Namun, jika Anda mencari kemampuan off-road sejati dengan sedikit sentuhan kemewahan tambahan, Land Cruiser masih menjadi pilihan yang sangat menarik. Dan yang lebih baik lagi, pembaruan terbarunya membuatnya lebih hebat dari sebelumnya. Pilihannya jelas: jika Anda berencana menjelajahi hutan belantara Afrika, tidak ada pesaing Land Cruiser lain yang bisa mengimbangi keandalannya.

Hanya sedikit kendaraan yang dijual saat ini yang memiliki kemampuan off-road sekuat Toyota Land Cruiser. Mobil SUV besar ini telah membangun reputasi selama lebih dari 60 tahun sebagai kendaraan 4×4 yang tak terbantahkan. Hanya satu mobil yang mungkin bisa menandinginya dalam hal ketangguhan, yaitu saudaranya sendiri, Toyota Hilux.

Land Cruiser Prado | Toyota Motor Corporation Official Global Website
Land Cruiser Prado | Toyota Motor Corporation Official Global Website Source : https://global.toyota/

Di Inggris, Land Cruiser tersedia dalam berbagai varian, meskipun bukan versi terbesar yang ada di pasar global Toyota. Beberapa pasar mendapatkan model dengan mesin V6 dan V8 yang lebih besar, sedangkan di Inggris, kita memiliki versi yang sedikit lebih kecil yang dikenal sebagai Land Cruiser Prado di negara lain. Meski begitu, ini tetap menjadi salah satu SUV 4×4 terbesar yang tersedia di Inggris, dengan berbagai varian, mulai dari versi komersial yang fungsional hingga model mewah dengan spesifikasi terbaik.

Saat ini, kendaraan 4×4 tradisional seperti Land Cruiser semakin langka, dan satu-satunya model lain yang masih mempertahankan struktur body-on-frame yang serupa adalah truk pikap berbobot satu ton terbaru.

Salah satu hal yang menonjol dari Land Cruiser adalah pilihan bodi yang fleksibel, baik dalam versi 3 pintu maupun 5 pintu. Namun, jajaran modelnya telah mengalami penyederhanaan, hanya menyertakan model Invincible dengan spesifikasi aktif dan mewah. Penting untuk diingat bahwa model tiga pintu hanya tersedia dalam trim Aktif.

Perlengkapan standar termasuk velg 17 inci, kamera mundur, dan layar sentuh infotainment 8 inci. Sementara versi Invincible yang lebih mewah menambahkan roda 19 inci yang lebih besar, sistem audio JBL, dan sistem Multi-Terrain Select khas Toyota.

Tersedia juga varian komersial Land Cruiser (dalam spesifikasi Utilitas dan Aktif), yang didasarkan pada bodi 5 pintu namun hanya memiliki dua kursi dan area muatan yang luas di belakang.

Dalam hal pilihan kursi, Land Cruiser Active menawarkan konfigurasi lima atau tujuh kursi, sementara model Invincible terbatas pada tujuh kursi. Semua model ini ditenagai oleh mesin diesel 2,8 liter yang menghasilkan tenaga 201bhp dan torsi 500Nm, dengan transmisi otomatis enam percepatan.

Mesin, performa, dan penggerak Toyota Land Cruiser

Review Mobil Toyota Land Cruiser 1

kita akan membahas mesin, performa, dan sistem penggerak pada Toyota Land Cruiser, kendaraan off-road legendaris yang tak terkalahkan di alam liar.

Ketika Anda mengendarai Land Cruiser di jalan raya, Anda akan merasakan sensasi kendaraan yang besar dan kokoh. Ketika Anda melalui tikungan, Anda akan merasakan beberapa kemiringan, dan mungkin kemudi akan terasa agak kaku. Namun, seiring berjalannya waktu, Anda akan beradaptasi dengan karakteristik ini, dan sejujurnya, Land Cruiser bukanlah mobil yang dirancang untuk balapan. Meskipun demikian, kenyamanan umumnya cukup baik. Mesinnya kuat dan torsi melimpah, membuatnya mampu menghadapi berbagai medan, tetapi perhatian perlu diambil saat Anda melewati permukaan jalan yang kasar atau menabrak lubang. Land Cruiser mungkin tidak memiliki kenyamanan sehalus yang dimiliki oleh saingannya seperti Land Rover Discovery.

Namun, perlu diingat bahwa Land Cruiser muncul sebagai bintang sejati ketika Anda keluar dari jalan aspal. Kendaraan ini adalah off-roader sejati yang tak kenal takut, di tengah persaingan dengan model “crossover” bergaya hidup seperti Mercedes GLE dan Audi Q7 yang mungkin membuatnya bingung.

Untuk mengatasi medan yang sulit, Land Cruiser dilengkapi dengan gearbox rasio rendah dan diferensial tengah yang dapat dikunci. Berkat keandalan legendaris Toyota, Anda bisa yakin bahwa 4×4 ini tak hanya akan membawa Anda ke alam liar, tetapi juga membantu Anda keluar dari situ.

Toyota Launches New Land Cruiser | Toyota | Global Newsroom | Toyota Motor Corporation Official Global Website
Toyota Launches New Land Cruiser Source : https://global.toyota/

Mari kita berbicara tentang mesinnya. Land Cruiser hanya memiliki satu pilihan mesin, yaitu diesel empat silinder 2,8 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 201bhp dan torsi sebesar 500Nm. Mesin ini menggantikan V6 3.0 liter yang digunakan sebelumnya, dan awalnya hanya menghasilkan tenaga sebesar 174bhp dan torsi 450Nm. Meskipun kemampuannya mengemban beban berat yang sangat baik, kecepatan mobil ini tidak pernah terasa terlalu cepat. Oleh karena itu, peningkatan daya pada tahun 2020 sangat diapresiasi. Sekarang, Land Cruiser bisa mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 9,3 detik, yang merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan sebelumnya yang mencapai 12,1 detik.

Mesin ini memang memiliki sedikit kesan kasar dibandingkan dengan mesin diesel enam silinder yang lebih halus yang digunakan dalam beberapa mobil off-road dari Land Rover, Mercedes, dan BMW. Tentu saja, perbedaan ini terutama disebabkan oleh fokus desain yang berbeda. Kendaraan seperti Land Cruiser lebih ditekankan pada elemen off-road dan ketahanan di seluruh dunia, yang menjadikan torsi yang melimpah sebagai faktor utama. Mesin empat silinder juga mengurangi kemungkinan kerusakan, meningkatkan keandalan kendaraan ini.

Interior, desain dan teknologi Toyota Land Cruiser

Ayo lanjutkan pembahasan kita tentang Toyota Land Cruiser, khususnya dalam hal interior, desain, dan teknologi yang ditawarkannya.

Interior Land Cruiser menciptakan kesan yang kokoh, tetapi sayangnya, desainnya terasa sedikit kuno. Meskipun begitu, mobil ini menawarkan beragam fitur yang bisa dijelajahi.

Toyota Launches New Land Cruiser | Toyota | Global Newsroom | Toyota Motor Corporation Official Global Website
Source : https://global.toyota/

Hampir tak ada mobil lain yang bisa bersaing dengan Toyota Land Cruiser dalam hal tampilan di jalan raya. Meskipun sedikit lebih pendek daripada Land Rover Discovery, Land Cruiser lebih tinggi dan memiliki ciri khas garis atapnya yang berkesan. Desainnya “dua kotak” dan posisi duduk yang tinggi menciptakan tampilan yang sangat maskulin.

Lengkungan roda yang mencolok, rel atap yang kokoh, dan papan langkah (penting untuk membantu penumpang berbadan kecil) hanya menambah kesan kokohnya. Pada facelift tahun 2014, lampu LED penuh ditambahkan di bagian depan dan belakang, termasuk lampu berjalan siang yang sangat terang. Jika Anda menggabungkannya dengan gril besar berlapis krom lima batang, Toyota Land Cruiser terlihat mengesankan, meskipun sulit untuk menyebutnya sebagai mobil yang cantik.

Toyota's New Land Cruiser Makes World Premiere | Toyota | Global Newsroom | Toyota Motor Corporation Official Global Website
Source : https://global.toyota/

Pada tahun 2018, mobil ini mengalami revisi lain dengan gril baru dan lampu depan yang ditempatkan lebih tinggi untuk meningkatkan kemampuan off-road. Toyota juga menambahkan kemiringan di bagian tengah kap mesin untuk meningkatkan visibilitas pengemudi. Di Inggris, Land Cruiser dilengkapi dengan roda cadangan yang disimpan di bawah lantai bagasi, meskipun di beberapa pasar, roda cadangan masih digantung di pintu belakang.

Beralih ke interior, Land Cruiser menyajikan kemewahan yang bisa diharapkan, terutama pada model Invincible dengan spesifikasi tertinggi. Anda akan menemui bahan kulit yang mewah dan aksen kayu di kemudi dan dasbor yang memberikan sentuhan kelas atas, meskipun terlihat sedikit ketinggalan zaman. Tapi setidaknya, pada facelift tahun 2018, ada tampilan baru dan dashboard yang lebih ergonomis, serta sistem infotainment terkini dari Toyota.

Berbicara tentang sistem multimedia, Land Cruiser dilengkapi dengan sistem Toyota Touch 2, yang memiliki layar sentuh 8 inci yang dilengkapi dengan dukungan Apple CarPlay dan Android Auto. Toyota melakukan pembaruan pada sistem ini pada tahun 2020 dengan perangkat lunak baru dan layar beranda yang dapat disesuaikan. Hal ini memungkinkan pemilik untuk mengatur fungsi yang sering digunakan dengan cara yang mirip dengan pengaturan di ponsel cerdas.

Review Toyota Land Cruiser – Kepraktisan, Kenyamanan dan Ruang Bagasi

Mari kita lanjutkan ulasan Toyota Land Cruiser, kali ini membahas aspek kepraktisan, kenyamanan, dan ruang bagasinya.

Toyota Land Cruiser adalah pilihan yang sangat praktis, walaupun adanya opsi kursi baris ketiga bisa mengorbankan ruang bagasi yang luas. Interior mobil ini mungkin tidak selega yang Anda harapkan, karena desainnya yang klasik dan teknologi 4×4 yang besar bisa membatasi ruang dalam kabin.

Namun, mencari posisi berkendara yang nyaman sangat mudah karena jok dan roda kemudi dapat diatur dengan baik. Selain itu, visibilitas yang baik dan ruang penyimpanan yang cukup di sekitar kabin membuatnya sangat fungsional.

Toyota Land Cruiser tersedia dalam versi tiga atau lima pintu. Versi tiga pintu lebih cocok untuk penggunaan bisnis yang memerlukan mobilitas di medan terpencil, sementara versi lima pintu lebih ramah bagi keluarga. Versi tiga pintu biasanya tersedia dalam spesifikasi Aktif, yang menambahkan fitur praktis seperti Downhill dan Hill Start Assist, sensor parkir serba guna, dan wiper kaca depan dengan sensor hujan. Sementara model Invincible dengan spesifikasi tertinggi dilengkapi dengan mode berkendara Crawl Control dan Multi-Terrain, serta sistem pemantauan titik buta.

Toyota's New Land Cruiser Makes World Premiere | Toyota | Global Newsroom | Toyota Motor Corporation Official Global Website
Source : https://global.toyota/

Dalam hal ukuran, Land Cruiser lima pintu memiliki panjang 4.970 mm dan lebar 2.000 mm. Sebagai perbandingan, Land Rover Discovery memiliki panjang yang hampir sama, namun sedikit lebih sempit. Model tiga pintu lebih kecil dengan panjang 4.395 mm dan lebar 1.885 mm. Di Inggris, mobil lima pintu memiliki roda cadangan yang tersimpan di bawah lantai bagasi, sedangkan model tiga pintu memiliki kit perbaikan ban untuk menghemat ruang.

Ruang kaki, ruang kepala, dan ruang penumpang di Land Cruiser memadai. Pada model dengan spesifikasi tertinggi, terdapat mekanisme pelipatan elektrik untuk baris paling belakang, yang memudahkan penggunaan kursi tambahan atau mendapatkan lebih banyak ruang bagasi hanya dengan menekan tombol. Baris tengah juga memiliki ruang kaki yang lega, ruang kepala yang cukup besar, dan atap yang tinggi.

Anda dapat menggeser baris tengah untuk memberikan ruang ekstra bagi penumpang di baris ketiga. Meski baris ketiga tidak terlalu lapang, mereka cukup nyaman untuk perjalanan jarak pendek.

Toyota's New Land Cruiser Makes World Premiere | Toyota | Global Newsroom | Toyota Motor Corporation Official Global Website
Source : https://global.toyota/

Kapasitas bagasi mencapai 620 liter saat menggunakan konfigurasi lima kursi. Namun, ketika Anda mengaktifkan kursi belakang, kapasitasnya berkurang drastis, mirip dengan ukuran Fiat 500. Jadi, meski Toyota Land Cruiser bisa mengangkut tujuh penumpang, kapasitas bagasinya tidak sebesar yang Anda bayangkan. Dengan semua kursi belakang dilipat, kapasitas bagasi maksimal adalah 1.943 liter.

Pintu belakang dengan engsel samping memerlukan ruang yang cukup untuk membukanya, sehingga penggunaan di tempat parkir yang sempit bisa menjadi canggung. Namun, fitur kaca bukaan terpisah membantu mengatasi masalah ini. Suspensi belakang bisa diturunkan untuk memudahkan akses, meskipun perbedaan tinggi hanya sekitar 5 cm, yang berarti penurunan sekitar 2,5 cm dari posisi biasanya.

Dalam hal daya tarik dan kemampuan derek, Toyota Land Cruiser memang kuat, walaupun mungkin tidak menjadi yang terbaik di kelasnya. Secara keseluruhan, semua varian Land Cruiser mampu menarik beban hingga 3.000 kg, baik Anda memilih transmisi lima kursi atau tujuh kursi, dan baik itu transmisi otomatis atau manual.

Toyota Land Cruiser – Keandalan dan keamanan

Penting untuk dicatat bahwa saat ini Euro NCAP belum melakukan uji tabrak terhadap model Land Cruiser terbaru. Namun, jika kita melihat pada desain kendaraan ini, kemungkinan besar performanya dalam uji tabrak akan baik. Ini karena Land Cruiser memiliki struktur bodi yang kokoh dan dilengkapi dengan tujuh airbag sebagai standar.

Toyota's New Land Cruiser Makes World Premiere | Toyota | Global Newsroom | Toyota Motor Corporation Official Global Website
Source : https://global.toyota/

Fitur keselamatan tambahan yang disertakan dalam daftar perlengkapan Land Cruiser mencakup kontrol stabilitas elektronik, bantuan start di tanjakan dan menuruni bukit, serta monitor titik buta. Kendaraan ini juga memiliki pengaturan khusus untuk off-road yang mengontrol stabilitas elektronik, serta sistem elektronik lainnya yang membantu Anda memantau sudut tubuh mobil, arah kemudi, dan distribusi tenaga agar tetap pada jalur yang benar. Selain itu, model Invincible dilengkapi dengan bantuan jalur dan monitor lalu lintas belakang, yang sangat berguna saat melakukan manuver mundur dengan mobil seukuran Land Cruiser.

Toyota memiliki reputasi keandalan yang sangat baik, meskipun beberapa permasalahan besar telah timbul dalam beberapa tahun terakhir. Namun, Land Cruiser adalah kendaraan yang telah dirancang untuk bertahan di lingkungan yang keras di seluruh dunia. Kepemilikan Land Cruiser adalah trade-off antara keandalan di bawah berbagai kondisi ekstrem dan peningkatan fitur yang mungkin tidak selalu sebanding dengan pesaingnya yang lebih berfokus pada gaya hidup.

Dalam hal layanan purna jual, Anda dapat mempercayakan bengkel Toyota setempat yang memiliki catatan pelayanan yang sangat baik. Jaringan bengkel ini secara konsisten mendapat penilaian positif dalam survei kepuasan pemilik Driver Power, bahkan berhasil menempati posisi keenam pada tahun 2020. Pemilik mobil Toyota melaporkan pelayanan pelanggan yang sangat baik dari bengkel Toyota setempat. Jadi, jika Anda memilih Land Cruiser, Anda dapat merasa yakin bahwa Anda akan mendapatkan layanan purna jual yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *