10 Rekomendasi Tempat Healing di Palembang, Cocok buat Refreshing


Temukan tempat healing terbaik di Palembang untuk meremajakan tubuh dan pikiran Anda, sempurna untuk merasakan kesegaran yang luar biasa.

Selain terkenal dengan masakan pempek, Palembang juga terkenal punya banyak tempat healing. Tempat healing di Palembang bahkan ada berbagai macam jenisnya, mulai dari wisata alam sampai wisata sejarah dan religi.

Wisatawan kini dapat dengan mudah menentukan tujuan wisata sesuai dengan preferensi mereka.

Anda yang merupakan warga Palembang dan sekitarnya, juga tidak perlu repot-repot liburan ke luar kota. Ingin tahu aneka tempat tersebut? Inilah beberapa destinasi yang sangat direkomendasikan.

Tempat Healing Terbaik di Palembang

1. Taman Wisata Alam Punti Kayu

Taman Wisata Alam Punti Kayu
Photo by Info Dunia Travel / Facebook

Taman Wisata Alam Punti Kayu, sebuah kawasan konservasi alam, juga digunakan sebagai lokasi wisata. Destinasi yang ada di daerah Alang-Alang Lebar, Palembang, ini cukup hits di kalangan wisatawan.

Daya tarik utamanya terletak pada alamnya yang sangat asri dan sejuk. Karena kawasannya juga luas, Taman Wisata Alam Punti Kayu sering digunakan sebagai tempat gathering perusahaan. Ditambah lagi, terdapat area khusus untuk berkemah dan mendirikan tenda.

Berbagai wahana outbound pun sudah tersedia dan dapat digunakan seperti flying fox dan masih banyak lagi. Selain itu, beberapa kali ada pula yang datang kemari untuk melakukan sesi foto prewedding berkat keindahan alamnya yang sangat cantik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kol. H. Burlian, Srijaya, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

2. Kambang Iwak

Kambang Iwak
Photo by M Satya Prima / Google Maps

Tempat healing di Palembang berikutnya yang recommended yaitu Kambang Iwak. Letaknya strategis karena berada di pusat kota, jadi sangat cocok dikunjungi di akhir pekan. Anda bisa refreshing menghilangkan penat tanpa harus berkendara jauh terlebih dahulu.

Kambang Iwak dikelilingi oleh pepohonan hijau di pinggirnya dan memiliki danau, ini membuat kawasan wisata terasa sangat sejuk.

Di tengah-tengah kota yang penuh lalu lalang orang dan kemacetan, siapa sangka bisa menikmati rindangnya pepohonan di jantung kota seperti ini.

Apalagi para pengunjung yang datang tidak perlu membayar biaya sepeserpun untuk menikmati semua itu.

Tidak heran jika tempat ini selalu ramai akan warga setempat, khususnya pada pagi dan sore hari banyak yang olahraga di sana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tasik, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

3. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan
Photo by Gaya Travel Magazine / Twitter

Bagi yang suka dengan sejarah atau berbagai budaya, Kampung Kapitan dapat menjadi tempat healing di Palembang yang menarik untuk dikunjungi.

Kampung Kapitan merupakan cagara budaya yang berada di tengah kota.Kampung ini adalah pemukiman etnis Tionghoa pertama di Palembang.

Konon, keberadaannya sudah ada sejak abad ke XIV atau selama masa Dinasti Ming. Jadi wisatawan dapat menemukan bangunan-bangunan tua dengan berbagai ornamen pecinan di sana.

Kebanyakan ornamen bangunan tersebut sudah bercampur dengan budaya lokal karena interaksi masyarakat pada zaman dahulu. Letaknya ada di tepi Sungai Musi, jadi tidak akan sulit bagi wisatawan untuk menemukannya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: 7 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

4. Palembang Bird Park

Palembang Bird Park
Photo by Sefriwandi Sefriwandi / Google Maps

Jika ingin mengajak anak-anak liburan, tempat healing di Palembang ini patut dipertimbangkan. Sesuai namanya, Palembang Bird Park merupakan rumah bagi berbagai jenis burung. Sehingga si kecil bisa mengenal macam-macam spesies burung di sini.

Bukan hanya melihat dari jauh, pengunjung juga berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan berbagai macam jenis burung tersebut. Jadi sambil bermain, anak juga dapat sekaligus mendapatkan edukasi selama liburan.

Adapun jenis-jenis burung yang ada di sini antara lain burung kenari, burung kakatua, burung jalak, burung unta, burung parkit, burung hantu, burung emu, dan masih banyak lagi. Bahkan ada kula koleksi binatang lainnya seperti kangguru hingga iguana.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

5. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera
Photo by Winda Purba / Twitter

Siapa yang tidak tahu Jembatan Ampera? Jembatan yang menjangkau antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir, dipisahkan oleh Sungai Musi, adalah landmark khas dari Kota Palembang. Tentu kurang afdol apabila berjalan-jalan di Kota Pempek tanpa berkunjung kemari.

Warga setempat sendiri sering memanfaatkannya sebagai tempat healing di Palembang. Karena di sekitar jembatan banyak tempat duduk tersedia, sehingga sangat cocok untuk nongkrong di sore hari.

Anda bahkan tidak akan dikenakan biaya sepeserpun untuk menikmati semua itu. Kecuali jika anda membawa kendaraan, maka akan dikenai biaya parkir.

Di sekitar juga ada banyak penjual makanan, apabila anda ingin duduk-duduk sore sambil menikmati jajanan dan secangkir kopi atau teh hangat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Palembang, Sumatera Selatan.

6. Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk
Photo by Palembang Insight / Instagram

Dibangun sejak tahun 2018 lalu, Sekanak Sidewalk langsung menjadi tempat yang hits di Palembang. Sebenarnya destinasi ini hanya jalan setapak di sekitar Anak Sungai Musi.

Namun jalanan di sini di-cat berwarna warni supaya terlihat cantik, karena saat itu ada perhelatan Asian Games di Palembang.

Siapa sangka jika respon masyarakat ternyata lebih besar. Sekanak Sidewalk pun menjadi spot foto Instagramable yang viral di media sosial. Kini, wisatawan yang datang ke Palembang selalu menyempatkan diri untuk datang kemari dan berburu foto.

Waktu terbaik untuk mengambil gambar di sini yaitu pada sore hari, karena cahaya matahari senja membuat Sungai Sekanak terlihat semakin cantik. Tidak jauh dari sini, anda bisa menemukan Benteng Kuto Besak (BKB) yang tidak kalah populer.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

7. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak
Photo by Adhika Atyanta / Google Maps

Tidak jauh dari Sekanak Sidewalk, anda bisa menemukan Benteng Kuto Besak yang populer sebagai tempat healing di Palembang. Bagi yang suka dengan sejarah, wajib sekali menyempatkan diri datang kemari.

Menurut sejarahnya, bangunan tersebut sudah ada sejak abad ke-18 dan dulunya merupakan pusat Kesultanan Palembang. Di bagian depan bangunan kini ditata sedemikian rupa menjadi sebuah plaza atau alun-alun.

Banyak warga setempat maupun wisatawan datang kemari dan menghabiskan waktu di alun-alun tersebut pada sore hari.

Ada yang sekadar duduk-duduk, mengambil foto dengan latar belakang bangunan Benteng Kuto Besak, jogging mengitari alun-alun, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

8. Dapoer Cinta Musi IV

Dapoer Cinta Musi IV
Photo by Dinas Pariwisata Palembang / Instagram

Dapoer Cinta Musi IV sebenarnya bukan tempat wisata, melainkan restoran di pinggiran Sungai Musi. Namun restoran yang awalnya merupakan sebuah rumah tempat tinggal ini dapat menjadi tempat healing di Palembang yang menyenangkan.

Karena sambil menikmati hidangan yang ada, anda bisa menyaksikan view Sungai Musi dengan beragam lalu lintas alat transportasi airnya. Apalagi restoran ini punya banyak spot foto yang menarik, salah satunya perahu dengan latar belakang rumah khas palembang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KH Azhari Lr. Waspada Rt.11 No.227 Kelurahan, 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

9. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Photo by Tan Mur / Google Maps

Healing ke museum, kenapa tidak? Ada banyak hal menarik di dalam museum yang akan membuat waktu liburan anda semakin menyenangkan. Di Palembang, ada Museum Sultan Badaruddin II yang sangat direkomendasikan.

Bangunannya sendiri memiliki nilai sejarah karena dulu pernah digunakan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I selama memerintah.

Di dalamnya anda bisa menemukan berbagai peninggalan Kesultanan Palembang seperti benda keramik, arkeologi, etnografi, dan lain-lain.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

10. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang
Photo by Jprutsch / Twitter

Tempat healing di Palembang lainnya yang direkomendasikan yaitu Bukit Siguntang. Situs ini menyimpan sejarah perjalanan Kerajaan Sriwijaya, jadi sangat cocok untuk anda yang menyukai sejarah dan ingin liburan sambil menambah wawasan.

Lokasinya sendiri ada di titik tertinggi di Kota Palembang, jadi suasananya sejuk. Selain itu ada banyak pepohonan di sini yang membuat Bukit Siguntang terasa begitu asri. Berkunjung kemari akan membantu menghilangkan penat dan stres yang ada.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Sebagai ibu kota Sumatera Selatan, Palembang adalah kota yang sibuk dan padat lalu lintas. Namun bukan berarti anda tidak bisa menemukan tempat refreshing yang nyaman di sini.

Tempat healing di Palembang bahkan sangat bervariasi seperti telah disebutkan di atas. Tertarik berkunjung ke salah satunya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *