Bukit Botak, Destinasi Ekowisata yang Menawarkan Keanekaragaman Flora & Fauna di Musi Rawas


Bukit Botak adalah kawasan ekowisata yang menawan di Musi Rawas, menampilkan keanekaragaman flora dan fauna unik dalam lanskap hijau yang memukau.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suko Rejo, Kec. Suku Tengah Lakitan Ulu, Kab. Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Sumatera Selatan adalah sebuah pulau yang terkenal dengan wisata alam dan kekayaan budayanya, yang menawarkan berbagai pesona yang menawan. Salah satu tempat yang menarik perhatian adalah Bukit Botak, sebuah bukit yang menawarkan pemandangan luar biasa di tengah keindahan alam Musi Rawas.

Bukit cantik ini menarik para pengunjung dengan suasana tenang yang dapat menyegarkan jiwa, serta memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari tempat wisata lain di Musi Rawas. Jika Anda sedang mencari tempat untuk relaksasi atau menghilangkan kepenatan, Bukit Botak di Musi Rawas merupakan pilihan yang sangat baik.

Untuk lebih jelasnya, mari kita jelajahi lebih lanjut dalam artikel di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Botak

Daya Tarik Bukit Botak
Photo by Kalo Lgi Iseng Doang / Instagram

Perbukitan ini bukanlah sekedar bukit biasa. Nama “Botak” sendiri berasal dari karakteristik unik yang dimilikinya. Pemandangan tanpa pepohonan di puncak bukit menciptakan panorama yang menyerupai rambut yang telah dicukur.

Meski terlihat “botak” atau tanpa vegetasi yang lebat, bukit ini justru memiliki kecantikan yang memukau. Yang menjadikan daya tarik dari wisata ini adalah view dari atas bukit ketika matahari terbit menciptakan suasana yang hangat.

Ketika matahari muncul dari balik bukit, langit dihiasi dengan warna-warna cerah yang menciptakan suasana romantik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Begitupun saat senja tiba, Bukit Botak menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang memukau, menciptakan momen-momen yang tidak terlupakan bagi para wisatawan yang datang.

Tidak hanya itu, wisatawan yang datang juga disuguhkan dengan pemandangan perkampungan dan persawahan yang hijau dan alami. Pemandangan dari puncak bukit memberikan panorama yang memukau, dihiasi oleh lembah-lembah yang memanjakan mata.

Vegetasi yang subur dan beragam, bersama dengan udara segar pegunungan, menciptakan suasana yang cocok digunakan untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam.

Bagi para pecinta petualangan menyusuri bukit, wisata eksotis ini menawarkan jalur pendakian yang menantang dan memuaskan. Perjalanan menuju puncak bukit memungkinkan pengunjung untuk menikmati alam.

Wisatawan yang berkunjung ke bukit ini biasanya sering berfoto di beberapa spot foto yang ada, seperti di puncak bukit, rumah hobbit, dan panggung teater yang digunakan untuk konser music atau pertunjukan seni.

Bukit cantik ini merupakan salah satu kawasan ekowisata yang dilindungi oleh pemerintah setempat. dan juga sebagai rumah dari berbagai jenis flora dan fauna yang unik. Hutan di sekitar menyimpan keanekaragaman hayati, termasuk beberapa spesies langka yang dilindungi.

Untuk tetap menjaga ekosistem yang ada di Bukit Botak Musi Rawas, pemerintah setempat serta masyarakat memiliki program edukasi dan konservasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Bukit Botak
Photo by Shinta Nuriya Dewi / Instagram

Bukit Botak terletak di wilayah yang kaya akan keindahan alam, tepatnya di Dusun V Desa Sukorejo, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Keistimewaan bukit ini adalah pemandangan luas yang memukau, padang rumput yang hijau, dan udara segar yang membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Bukit ini memiliki ketinggian kurang lebih 250 mdpl, sehingga untuk menuju ke puncak bukit Anda perlu melakukan trekking atau hiking tipis-tipis.

Untuk mencapai lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua. Sedangkan rute menuju wisata alam ini, Anda bisa mengeceknya di Google Maps, Waze, atau bertanya ke penduduk setempat.

Sedangkan untuk masuk kawasan ekowisata, harga tiket masuk yang harus Anda bayar yakni sekitar Rp 30 ribu per orangnya.

Pastikan untuk memeriksa situs web resmi ekowisata untuk mendapatkan informasi terkini mengenai harga tiket dan fasilitas yang ditawarkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Seru Bukit Botak
Photo by Edwin / Instagram

1. Camping

Mendirikan tenda di Bukit Botak Musi Rawas adalah cara yang tepat untuk merasakan kedamaian dan keindahan bentang alam secara langsung. Area berkemah yang ditentukan memungkinkan para pengunjung untuk tidur dibawah langit malam yang penuh bintang, sambil mendengarkan suara alam yang tenang.

Tidak hanya itu, ketika camping Anda dapat melihat pemandangan saat sunset dan sunrise lebih awal dari atas bukit. Biasanya wisatawan yang camping di tempat ini adalah pecinta atau penikmat alam yang ingin mencari sensasi camping di atas bukit.

2. Trekking atau Hiking di Bukit Botak

Aktivitas trekking atau hiking adalah cara terbaik untuk menjelajahi keindahan alam sekitar Bukit Botak. Dengan jalur-jalur yang cukup menantang, namun pengunjung dapat menikmati perjalanan dengan santai di tengah lebatnya hutan yang asri.

Pemandangan hijau lembah, suara-suara kicauan burung, keragaman flora dan fauna di dalamnya akan menjadi poin plus bagi mereka yang bisa menaklukan bukit ini.

Pemandangan yang menakjubkan serta udara segar semakin menjadi acuan untuk menaklukan setiap tikungan dan tanjakan di jalur pendakian menuju bukit.

3. Mengendarai ATV

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Bukit Botak Musi Rawas ini adalah mengendarai ATV. Dengan medan yang cukup beragam, dari tanah berbatu hingga jalur berliku, pengendara dapat merasakan kecepatan dan keseruan sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Jika Anda tertarik untuk mengendarai ATV, Anda dapat menemukan penyewaan di kaki gunungnya. Saat mengendarai ATV, tidak hanya keseruan yang didapatkan melainkan kesempatan untuk menikmati pemandangan pohon-pohon yang hijau, lembah yang indah, dan keindahan alam lainnya yang menjadi latar belakan yang sempurna selama off-road.

4. Paralayang

Bagi Anda yang ingin mencari aktivitas yang lebih seru, paralayang di Bukit Botak menawarkan pemandangan yang spektakuler dari ketinggian.

Dengan angin yang cukup kencang serta tanah yang cukup luas sehingga tempat ini menjadi tempat favorit bagi pecinta olahraga angin seperti paralayang.

Bagi Anda pecinta olah raga angin ini, Anda bisa menggunakan bukit indah ini sebagai tempat untuk take off, dan mendarat di tempat yang luas di bawah bukit.

Tips Berkunjung ke Wisata Alam Perbukitan

Bawa peralatan mendaki yang propper, termasuk sepatu yang nyaman, topi, air minum, trekking pole, tenda, dan tas kecil untuk membawa barang penting

Periksa perkiraan cuaca sebelum berangkat dan persiapkan pakaian yang sesuai untuk menjaga kenyamanan selama perjalanan. Pastikan menghindari berkunjung ke Bukit Botak di Musi Rawas  ini saat musim hujan.

Jaga kebersihan dengan selalu bawa kantong sampah untuk membuang sampahmu sendiri dan jagalah kebersihan lingkungan agar tetap lestari.

Jika Anda berencana untuk mendaki puncak bukit, pertimbangkan kesehatan fisikmu dan sesuaikan intensitas perjalanan.

Bawa peta atau gunakan aplikasi navigasi untuk memastikan Anda tidak tersesat dan mengetahui rute yang akan diambil.

Siapkan bekal ringan seperti makanan ringan dan air, karena jika sudah di camp ground Anda tidak akan menemukan warung yang menjual makanan dan minuman.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Bukit Botak
Photo by Whoseen Zhu / Instagram

Jika Anda berencana untuk mendaki, fasilitas yang tersedia hanyalah area berkemah. Pastikan untuk memeriksa situs web resmi ekowisata untuk mendapatkan informasi terkini mengenai harga tiket dan fasilitas yang ditawarkan.

Di kawasan wisata Bukit Botak Anda dapat menemukan fasilitas yang cukup lengkap seperti area istirahat seperti gazebo, warung dan kios, toilet umum, dan tempat parkir.

Itulah berbagai hal menarik seputar Bukit Botak di Musi Rawas, Sumatera Selatan. Dengan beberapa daya tarik serta fasilitas yang tersedia, bukit ini bisa menjadi destinasi yang wajib Anda kunjungi untuk melepas penat di akhir pekan. Pastikan untuk tetap selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di area konservasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *