Batu Belah Sibolangit, Pesona Air Terjun Eksotis di Balik Terbing & Serangkaian Goa Kecil yang Unik


Batu Belah Sibolangit di Deli Serdang mempesona dengan air terjun eksotis di balik terbing yang memukau, dan serangkaian goa kecil yang unik.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bumi Perkemahan Pramuka, Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Berbicara tentang keindahan alam Sumatera Utara memang tidak akan pernah ada habisnya. Seperti yang kita ketahui bahwa provinsi ini memiliki banyak wisata alam yang masih terjaga keasriannya.

Salah satunya adalah destinasi wisata Batu Belah Sibolangit di Deli Serdang yang letaknya tersembunyi dibalik hutan. Batuan tersebut memiliki keunikan tersendiri yang menambah kesan menakjubkan.

Batu belah merupakan sebuah lorong tebing yang terbelah menjadi dua. Dalam perjalanan melalui hutan yang rindang, destinasi alam ini menyapa setiap pengunjung dengan keanggunan alaminya.

Dengan keindahan serta keunikannya tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Penasaran? simak dalam ulasan artikel berikut ini

Daya Tarik yang Dimiliki Batu Belah Sibolangit

Daya Tarik Batu Belah Sibolangit
Photo by Laegane / Google Maps

Batu Belah Sibolangit Deli Serdang ini, memiliki sejumlah daya tarik yang membuatnya menarik bagi para wisatawan dan pecinta destinasi wisata alam. berikut adalah beberapa daya tarik dari destinasi wisata ini, diantaranya:

1. Pesona Alam yang Masih Terjaga

Batu Belah menawarkan pesona alam yang masih alami dan terjaga. Terletak di tengah hutan yang hijau, air terjun ini menjadi surga tersembunyi yang menyuguhkan keindahan alam yang memukau.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pesona alam yang masih terjaga menciptakan atmosfer damai dan menenangkan, mengajak pengunjung yang datang untuk menjauh sejenak dari hiruk pikuk kehidupan sehari hari. Keberadaan sungai yang terletak diantara tebing yang membelah menambah daya tarik alaminya.

2. Keunikan Bentuk Tebing

Batu Belah Sibolangit bukan hanya sekedar tebing yang ada di tengah hutan Sumatera utara, melainkan sebuah karya seni alam yang mempesona. Salah satu aspek yang memikat hati para pengunjung adalah keunikan bentuk tebingnya yang begitu menarik.

Tebing tersebut memperlihatkan keunikan dengan lorong yang seolah-olah membelah. Keunikan lainnya terletak pada tekstur dan warna tebing yang menciptakan pemandangan visual yang menakjubkan

3. Goa-Goa Kecil yang Unik

Bentuk tebing Batu Belah Sibolangit di Deli Serdang ini juga menciptakan tempat-tempat tersembunyi yang menarik untuk dieksplor. Terdapat lorong-lorong kecil dan celah-celah yang dapat dijelajahi, memberikan pengalaman petualangan bagi setiap pengunjung yang berani menelusuri keunikan ala mini.

Setiap lorong kecil di wisata ini memiliki karakteristik uniknya sendiri. Ada yang tersembunyi dibalik rerimbunan pepohonan, dan ada tebing yang terdapat aliran sungai dibawahnya.

Keunikan inilah yang menciptakan sensasi petualangan yang tidak terlupakan bagi pengunjung yang berkunjung ke wisata hits di Sibolangit ini.

4. Kesejukan Udara di Sekitar Air Terjun

Batu Belah Sibolangit tidak hanya menyuguhkan keindahan batu dan alam yang menyejukkan, tetapi juga kesejukan udara di sekitar air terjunya.

Terletak di tengah-tengah hutan yang rimbun, sehingga udara di sekitar menjadi sejuk dan dapat merilekskan tubuh, cocok untuk Anda yang mencari tempat untuk refreshing atau healing.

Derasnya aliran air terjun menciptakan semburan embun yang menyelimuti sekitarnya, memberikan sensasi sejuk yang menyegarkan.

Suara gemericik air yang mengalir turut menambah ketenangan dan kesejukan udara di sekitar. Menciptakan tempat yang ideal untuk melepas penat dan merenung.

5. Kesegaran Air Terjun Batu Belah Sibolangit

Daya tarik utama dari destinasi wisata ini adalah kesegaran air nya yang jernih dan masih alami. Kejernihan air yang mengalir dari ketinggian batu, bersumber dari alam yang masih asli, memberikan nuansa kesegaran yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Air terjun yang berada di kawasan wisata tidak terlalu tinggi, dan juga memiliki aliran air yang cukup tenang. Berada di tengah-tengah hutan hijau ditambah dengan aliran air yang sangat jernih, destinasi wisata ala mini patut untuk dikunjungi untuk menikmati akhir pekan.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Batu Belah Sibolangit
Photo by Batu Belah Sibolangit / Google Maps

Air terjun Batu Belah Sibolangit ini berada di Bumi Perkemahan Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera utara. Wisata alam ini tidak jauh dari pusat kota Medan, dan hanya berjarak sekitar 50 kilometer.

Sebelum masuk ke kawasan wisata, wisatawan akan melewati PTP 9 dan beberapa villa yang berada di Sibolangit. Untuk menuju destinasi wisata ini, wisatawan harus melewati hutan belantara yang pintu masuknya dari kawasan Sibolangit.

Jika masuk dari pintu Air Terjun Dua Warna akan terasa lebih dekat. Sedangkan jarak tempuh untuk menuju Batu Belah yakni sekitar 1 kilometer dengan waktu 30 menit. Sesampainya di Bumi Perkemahan, maka wisatawan akan melanjutkan menuju Pos Ranger untuk registrasi.

Harga tiket yang ada di kawasan wisata Batu Belah Sibolangit Deli Serdang terbilang sangat terjangkau. Di pos retribusi, wisatawan akan diminta untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000.

Bagi para traveler pemula, disarankan untuk menggunakan jasa seorang pemandu wisata agar tidak khawatir tersesat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Seru Batu Belah Sibolangit
Photo by M. Abdussalam / Google Maps

Berenang di Aliran Air Terjun yang Jernih

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah berenang di aliran air terjun yang jernih. Nikmati sensasi menyegarkan air terjun Batu Belah Sibolangit ini yang turun dari ketinggian.

Aliran air yang jernih ini tidak hanya memberikan kesegaran, tetapi juga menyuguhkan pengalaman unik berenang di tengah-tengah hutan yang rimbun.

Camping di Batu Belah Sibolangit

Jika Anda ingin menikmati waktu lebih lama di Batu Belah Sibolangit, pilihlah untuk berkemah. Dengan udara segar dan langit malam yang penuh bintang serta suara gemericik air, pengalaman camping disini akan memberikan ketenangan dan kedamaian.

Bawalah peralatan camping pribadi, dan carilah tempat terbuka yang datar untuk memudahkan aktivitas camping. Pastikan untuk memilih tempat yang tidak jauh dari sumber air.

Bersantai Menikmati Keindahan Alam Sekitar

Sempurnakan momen istirahat dengan bersantai di bawah pepohonan yang rindang atau di tepi aliran. Anda bisa menggunakan batu-batu di sekitar aliran air untuk bersantai. Suara gemericik air terjun dan semilir angin akan memberikan pengalaman bersantai yang menenangkan.

Ini adalah waktu yang sempurna untuk menikmati piknik keluarga atau berkumpul dengan teman. Pastikan untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah untuk melengkapi aktivitas bersantai di wisata ini.

Trekking

Terletak di tengah hutan yang lebat, untuk menuju tempat wisata memang diperlukan effort lebih. Bagi para petualang, trekking di sekitar Batu Belah Sibolangit akan menjadi kegiatan yang seru. Terdapat jalur trekking yang memungkinkan wisatawan menjelajahi keindahan alam sekitar.

Ketika mengeksplor keindahan alam sekitar agar lebih hati-hati karena hutan yang masih alami dan banyak lumut dikhawatirkan licin. Pakailah pakaian dan peralatan trekking yang memadai untuk memudahkan aktivitas trekking di sini.

Meditasi atau Yoga

Aktivitas lain yang patut Anda coba ketika berada disini adalah melakukan meditasi atau yoga. Manfaatkan ketenangan dan keheningan alam Batu Belah untuk melakukan aktivitas ini.

Dengan suara alam yang menenangkan serta energi positif dari lingkungan ini akan meningkatkan meditasi atau yoga, menciptakan momen-momen keharmonisan dengan alam sekitar. Anda bisa menggunakan bebatuan di pinggir aliran air sebagai tempat untuk meditasi.

Demikianlah ulasan informatif tentang kawasan wisata Batu Belah Sibolangit di Deli Serdang, Sumatera Utara. Dengan berbagai daya tarik dan aktivitas seru yang ditawarkan, tempat wisata ini merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *