Pemandian Aek Manik, Pemandian Alami yang Sarat Sejarah di Tengah Hutan Rimbun Simalungun


Pemandian Aek Manik Simalungun ini merupakan sebuah pemandian alami yang sarat dengan sejarah, tersembunyi di tengah hutan yang rimbun.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ambarisan, Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

Pemandian Aek Manik di Simalungun ini telah menjadi destinasi wisata alam yang populer Simalungun ini. Meskipun popularitasnya meningkat, pemandian ini tetap terjaga keasliannya dan keindahannya, bahkan telah melakukan beberapa renovasi di beberapa titik.

Kata “Aek” dalam bahasa Batak berarti air, yang mencerminkan fokus utama wisata ini pada kejernihan air yang menawan dan menyegarkan.

Pemandian alam ini menawarkan pasir putih, air berwarna biru, dan kejernihan yang memungkinkan pengunjung untuk melihat isi di dasar pemandian. Ingin tahu lebih banyak tentang keindahan tempat ini? Ayo kita bahas topik berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pemandian Aek Manik

Daya Tarik Pemandian Aek Manik
Photo by A Seng / Google Maps

Pemandian ini menjadi viral dan ramai dikunjungi karena memiliki pemandangan yang tidak biasa, perpaduan dari kejernihan air yang berwarna biru dengan pasir kolamnya yang berwarna putih. Ditambah letaknya berada ditengah hutan yang rimbun dan langit yang berwarna biru.

Pemandian Aek Manik di Sumatera Utara ini menawarkan pengalaman alami yang autentik, terletak di tengah alam dan dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau. Lebih dari sekadar kolam renang biasa, pemandian ini menarik perhatian karena airnya yang jernih dan asli berasal dari pegunungan, serta pasir putih yang tidak biasa.

Keindahan pemandian ini diperkaya oleh pepohonan yang rimbun, yang tidak hanya memberikan kesejukan bagi pengunjung tetapi juga ketenangan melalui suara gemerisik dedaunan yang menenangkan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berada di tempat wisata alam ini, membuat para pengunjung terhindar dari hiruk-pikuk perkotaan yang membuat penat. Tidak hanya diminati wisatawan, pemandian ini juga tempat favorit warga sekitar.

Menurut warga sekitar, orang yang memberi nama pada pemandian ini adalah Bah Damanik. Pemandian ini terbentuk secara alami dan hanya direnovasi dengan penambahan fasilitas.

Menjadi sebuah tempat wisata alam yang menarik, pemandian ini memiliki sejarah yang tidak kalah menarik juga. Dikatakan bahwa pemandian ini dulunya merupakan tempat mandi Raja Damanik dan keluarganya.

Pemandian ini juga menjadi sumber irigasi untuk sawah para petani. Hingga saat ini pemandian ini dijaga dan dikelola oleh keturunannya yaitu Bah Damanik.

Sumber mata air ini diakui hampir 1,5 ribu pengunjung terkait kejernihan dan keindahannya. Bahkan saking indahnya, terdapat beberapa perusahaan air mineral yang ingin menguasai wisata ini.

Tapi usaha mereka untuk mengambil alih tempat ini sia-sia, karena selain ditolak keras oleh warga, para pengunjung juga ikut menentang mereka dalam merusak alam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pemandian

Alamat Pemandian Aek Manik
Photo by Nuraidah Sitepu / Google Maps

Pemandian Aek Manik berada di Parapat, Ambarisan, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Dari Kota Medan, rute termudah untuk mencapai lokasi ini adalah melalui Pematang Siantar menuju Sidamanik.

Namun, perjalanan belum berakhir di sana, pengunjung harus melanjutkan perjalanan melalui Simatahuting, hingga tiba di simpang 3. Dari simpang ini, belok kanan untuk sampai di pemandian alami ini.

Akses ke pemandian cukup mudah, dengan opsi bus dari Medan ke Pematang Siantar, diikuti dengan angkutan kota (angkot) dari Siantar ke Sidamanik.

Jarak dari Kota Medan menuju tempat wisata ini adalah sekitar 150 km, dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit. Sebagai alternatif, pengunjung juga bisa menggunakan angkot langsung dari Pasar Horas Pematang Siantar ke wisata menawan ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Jika Anda mencari tempat wisata yang santai, Pemandian Aek Manik di Simalungun ini sangat cocok untuk Anda. Tempat ini buka setiap hari, dengan jam operasional dari pukul 07.00 sampai 19.00 WIB pada akhir pekan, dan pukul 08.00 sampai 19.00 WIB pada hari kerja.

Tiket masuk ke kawasan Aek Manik termasuk sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang. Untuk parkir, biaya yang dikenakan berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 10.000, tergantung pada jenis kendaraan Anda.

Selain itu, jika Anda ingin menggelar tikar untuk piknik, Anda bisa menyewanya dengan harga sekitar Rp 25.000 per tikar.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Pemandian Aek Manik
Photo by Frederick Tarigan / Google Maps

1. Berenang

Pepohonan yang rindang, dengan air yang sangat jernih dan berwarna biru membuat para pengunjung tergiur untuk berenang. Berenang dengan nuansa alam, pastinya memberikan kesan tersendiri.

Airnya yang cukup dingin, dan cahaya matahari yang samar-samar tertutup rindangnya pohon, membuat para pengunjung tidak perlu susah-susah membawa tabir surya.

2. Bermain Air di Pemandian Aek Manik

Aktivitas yang paling sering dilakukan para pengunjung adalah bermain air di pemandian aek manik. Sekedar duduk di bebatuan yang berada pada tepi kolam dengan membasahi kaki dan tangan, pastinya sudah cukup membuat para pengunjung puas.

3. Piknik

Di Pemandian Aek Manik Simalungun, tersedia fasilitas tikar yang bisa disewa. Anda dapat menggunakan tikar ini untuk bersantai di tepi kolam, menikmati makanan yang Anda bawa dari rumah, atau snack yang dibeli di wisata.

4. Berfoto Ria

Tidak perlu bingung mencari spot foto di wisata alam Aek Manik ini karena setiap sudut di tempat wisata ini menawarkan keindahan yang fotogenik.

Air berwarna biru yang kontras dengan pepohonan hijau menciptakan latar yang estetis dan sangat cocok untuk foto-foto yang ‘instagramable’.

5. Camping

Terdapat beberapa titik dengan halaman yang cukup luas dan bisa dijadikan sebagai tempat tendamu. Tidak perlu khawatir ketakutan saat malam, karena penjaga berada di lokasi selama 24 jam.

Area camping ground juga cocok untuk melihat view Pemandian Aek Manik secara keseluruhan, karena letaknya yang berada di ujung dan strategis.

6. Menikmati Pemandangan

Pemandangan di Pemandian Aek Manik benar-benar memukau para pengunjung dengan keindahan alamnya. Kombinasi sempurna antara birunya langit, hijaunya pepohonan yang lebat, serta air yang jernih berwarna biru menciptakan pemandangan yang menenangkan

Suasana semakin lengkap dengan suara air yang mengalir melalui bambu di antara pepohonan, memberikan efek relaksasi dan ketenangan pada pikiran.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Pemandian Aek Manik
Photo by Pandapotan H Pardede / Google Maps

Pemandian eksotis ini sangat populer di kalangan anak muda, memiliki kawasan yang strategis, dan mudah diakses.

Fasilitas yang disediakan di sini cukup lengkap, termasuk area parkir luas, toilet, gazebo, ruang ganti, serta warung-warung yang menjual makanan berat dan ringan.

Anda juga dapat menyewa tikar dan ban pelampung, serta menikmati pancuran air dari pegunungan, tombak pancing, dan rakitan bambu.

Selain itu, kawasan wisata ini menyediakan area camping ground yang luas dan nyaman bagi para pengunjung. Semua fasilitas ini disediakan untuk mempermudah kunjungan Anda ke wisata alam ini.

Kami harap Anda dapat mengunjungi Pemandian Aek Manik dan merasakan keindahan alamnya secara langsung. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *