Begini cara Kelola Keuangan untuk Wujudkan Rumah Impian


Memiliki rumah merupakan dambaan setiap orang. Meski demikian, harga murah yang setiap waktu semakin naik, membuat banyak masyarakat yang belum memiliki rumah. untuk itu, diperlukan manajemen keuangan yang andal untuk bisa memiliki rumah di kota besar seperti  Jakarta dan sekitar.

Rumah dijual dengan berbagai tipe dan model sekarang ini bisa kamu temukan dengan mudah secara online. Dari sekian banyak model dipasaran, mungkin kamu sudah memilih salah satu rumah idaman kamu. Tapi karena keuangan belum mendukung maka kamu belum mewujudkan impian tersebut.

Cita-cita untuk memiliki rumah tentu harus dibarengi kerja keras. Meski demikian, jika kerja keras tidak diikuti cara mengatur keuangan yang baik maka akan sia-sia. Tetapi jika kamu disiplin dalam mengatur keuangan tentu suatu saat kamu bisa membeli Rumah impian.

‍Untuk itu, mulai dari sekarang kamu harus melakukan investasi atau menabung dan mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Karena, kita tahu bahwa investasi dan menabung merupakan langkah penting untuk mengamankan keuangan di masa depan. 

Terkadang, kita lebih memilih untuk membelanjakan uang yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan hidup dan gaya hidup tanpa memikirkan masa depan. Kebiasaan buruk seperti ini dapat berdampak negatif pada kesehatan keuangan kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari ilmu mengelola uang agar dapat memperbaiki keuangan dan mempersiapkan diri untuk  memiliki rumah.

Tips Mengelola Keuangan untuk Membeli Rumah Impian

1. Tentukan Tujuan yang Jelas

Menabung untuk membeli rumah impian membutuhkan tujuan yang jelas. Tentukan dan milikilah tujuan yang spesifik dalam menabung, seperti mengumpulkan uang untuk uang muka rumah atau membeli tanah. Dengan tujuan yang jelas, kita akan lebih fokus dan termotivasi untuk menabung secara konsisten.

Karena harga rumah tergolong mahal, maka kamu bisa menentukan tujuan jangka pendek. Jika kamu sudah memiliki tanah, maka kamu bisa mencicil dari gaji atau pemasukan dengan membelanjakan bahan bangunan yang setiap waktu selalu mengalami kenaikan.

2. Tentukan Jumlah Uang yang Ditabung

Selain menentukan tujuan yang jelas, kita juga perlu menentukan jumlah uang yang akan ditabung setiap bulannya. Lakukan perhitungan keuangan secara teliti, termasuk menentukan rasio tabungan yang sesuai dengan pendapatan bulanan kita. Hindari menentukan nominal yang tidak realistis, karena hal ini hanya akan membuat menabung menjadi beban.

Kamu bisa melakukan perhitungan dengan detail dari pemasukan bulanan atau uang tambahan lain dari pekerjaan sampingan. Selanjutnya kamu bisa memilah setiap pengeluaran dalam bentuk prioritas, sehingga kamu bisa menentukan berapa banyak uang yang akan kamu tabung.

3. Cek Kondisi Keuangan dan Susun Anggaran

Sebelum memulai menabung untuk membeli rumah, penting bagi kita untuk memeriksa kondisi keuangan secara keseluruhan. Tinjau jumlah penghasilan kita, jumlah tabungan yang dimiliki, serta jumlah hutang yang harus dilunasi. Dengan mengetahui kondisi keuangan kita, kita dapat menentukan kemampuan kita dalam membeli rumah dan menanggung cicilan yang akan datang.

4. Alokasikan Jumlah Tabungan yang Lebih Besar

Jika selama ini kita hanya menabung sekitar 10% dari pendapatan, cobalah untuk mengalokasikan jumlah tabungan yang lebih besar. Misalnya, kita dapat menabung sekitar 30% dari pendapatan untuk mempercepat proses mengumpulkan uang untuk membeli rumah impian. Sisihkan jumlah tersebut segera setelah menerima gaji setiap bulannya.

Hal ini harus dilakukan mengingat harga bahan bangunan yang selalu naik, jangan sampai kamu menabung tetapi kejar-kejaran dengan harga barang terbaru. Alangkah baiknya jika kamu memiliki tempat kamu menabung dalam bentuk bahan bangunan yang sifatnya tidak mudah rusak seperti besi beton, baja ringan, hebel, dll.

5. Tetapkan Target Tabungan yang Tepat

Untuk memudahkan dan memotivasi diri kita dalam menabung, penting untuk menetapkan target tabungan secara berkala. Tentukan target mingguan, target harian, atau target bulanan yang dapat diukur. Dengan memiliki target yang jelas, kita dapat memiliki kontrol yang baik dalam mengelola keuangan dan memastikan bahwa tujuan menabung untuk membeli rumah impian dapat tercapai.

6. Lunasi Semua Utang

Jika kita memiliki utang, sangat penting untuk melunasi utang tersebut secepat mungkin. Dengan tidak memiliki beban utang, kita dapat fokus pada kegiatan menabung dan mempersiapkan diri untuk membeli rumah impian tanpa ada beban finansial yang menghambat.

7. Menabung dalam Bentuk Emas

Salah satu bentuk investasi yang stabil adalah emas. Menabung dalam bentuk emas dapat menjadi pilihan yang baik jika kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan dana untuk membeli rumah. Namun, sebelum memutuskan untuk menabung dalam bentuk emas, kita perlu mempelajari dan memahami dengan baik seluk-beluk investasi emas.

8. Lakukan Investasi Lainnya

Selain menabung dalam bentuk emas, kita juga dapat melakukan investasi di instrumen lain seperti reksa dana, deposito, atau saham. Dengan melakukan investasi, kita dapat menghasilkan keuntungan yang dapat mempercepat proses mengumpulkan dana untuk membeli rumah impian.

9. Buat Rekening Khusus dan Manfaatkan Autodebet

Untuk memudahkan pengelolaan tabungan, kita dapat membuka rekening khusus untuk menabung rumah. Pisahkan dana tabungan ini dari dana lainnya agar tidak tercampur dan terpakai untuk kebutuhan lain. Manfaatkan layanan autodebet agar dana tabungan secara otomatis disetorkan setiap bulannya.

10. Kelola Pengeluaran dengan Ketat

Pengeluaran yang tidak terkontrol dapat menghambat proses menabung untuk membeli rumah impian. Mulailah membiasakan diri untuk memperhitungkan setiap sen yang dikeluarkan dan selalu mempertimbangkan kebutuhan sebelum melakukan pembelian. Dengan mengelola pengeluaran dengan ketat, kita dapat menghemat lebih banyak uang untuk tabungan rumah.

11. Hidup Sederhana dan Hemat

Mengadopsi gaya hidup sederhana dan hemat dapat membantu kita menghemat lebih banyak uang untuk tabungan rumah. Hindari pembelian barang-barang yang tidak diperlukan dan selalu pertimbangkan keuntungan jangka panjang dari setiap pengeluaran. Dengan menjalani pola hidup yang hemat, kita dapat memprioritaskan tabungan rumah dan menghindari masalah keuangan di masa depan.

12. Belanja dengan Cerdas

Kegiatan belanja merupakan salah satu pengeluaran terbesar dalam pengelolaan keuangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelola belanja dengan cerdas. Buatlah daftar belanja yang terperinci dan patuhi daftar tersebut saat berbelanja. Hindari belanja impulsif dan selalu pertimbangkan kebutuhan sebelum melakukan pembelian.

Itulah 12 tips yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan agar bisa membeli rumah impian. Karena menabung untuk membeli rumah impian bukanlah perkara yang mudah, namun dengan mengelola keuangan dengan baik dan memiliki komitmen yang kuat, kamu dapat mewujudkan impian tersebut. 

Tentukan tujuan yang jelas, tentukan jumlah uang yang akan ditabung, cek kondisi keuangan secara keseluruhan, dan lakukan investasi yang tepat. Selain itu, kelola pengeluaran dengan ketat, hidup sederhana dan hemat, dan belanja dengan cerdas. Dengan mengikuti tips-tips ini, kita dapat mempersiapkan diri untuk memiliki rumah impian sejak usia muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *