Mau Service Motor? Jangan Lupa Minta Cek 8 Bagian Ini!


Cuma pake motornya aja, tapi ga tau gimana rawatnya? Emangnya ga bahaya ta? padahal aktivitas service motor itu sangat penting untuk menunjang performa motor itu sendiri, lho. Indikator melakukan service motor, biasanya terlihat dari jarak tempuh yang berhasil dicapainya. Jika motormu termasuk kedalam kategori motor baru, maka kamu bisa menyervisnya setiap 5000 km, lain halnya jika motornya sudah termasuk lama, maka sebaiknya menyervis motor setiap 2500 km. Dan saat kamu mnyervis motor, pastikan agar 8 bagian ini dicek ya:

Untuk motor kesayangan, apa sih yang nggak? Maka dari itu, pastikan kamu memilih oli terbaik untuk motormu. Karena oli berfungsi sebagai pelumas motor yang dapat mempengaruhi usia motormu. Dan saat kamu menyervisnya, biasanya tidak hanya harga olinya saja yang kamu bayar, tapi jasa untuk penggantiannya. Tak jarang saat hendak ganti oli, mekanik merekomendasikan penggantian di 2500km meskipun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Para pengguna motor matic sebaiknya tidak boleh mengabaikan kebutuhan untuk secara rutin mengganti oli gardan. Ini sangat penting mengingat perannya dalam melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Untuk menentukan waktu yang tepat, gunakanlah rumus 2 kali ganti oli mesin sebelum akhirnya dilanjutkan dengan 1 kali ganti oli gardan. Dengan melakukan perawatan ini secara teratur, kamu bisa memastikan kinerja optimal dan umur panjang transmisi CVT pada motor maticmu.

Busi merupakan salah satu komponen penting dalam mesin motor yang bertanggung jawab untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api yang diperlukan agar mesin dapat menyala dengan baik. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam menyalakan motormu. Oleh karena itu, diperlukan penggantian busi yang tepat guna menjaga performa mesin tetap optimal.

Jangan pernah menganggap rem sebagai hal yang sepele pada motor. Sistem pengereman adalah salah satu komponen utama yang memiliki dampak besar terhadap keselamatan kita di jalan. Ketika kampas rem mulai menipis, daya cengkeramnya pun berkurang, yang bisa berujung pada kecelakaan serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memeriksa kondisi kampas rem saat melakukan servis motor. Dengan melakukan langkah ini, kita dapat memastikan bahwa kendaraan kita tetap aman dan nyaman digunakan dalam setiap perjalanan kita.

Filter udara memiliki peran yang sangat penting dalam menyaring udara sebelum masuk ke ruang pembakaran. Fungsinya adalah untuk mencegah kotoran masuk dan mengganggu sistem injeksi dan karburator. Dengan adanya filter udara yang efektif, kamu bisa memastikan bahwa mesin kendaraan kesayanganmu tetap bersih, efisien, dan berkinerja optimal. Jadi, jangan lewatkan pentingnya memiliki filter udara yang baik untuk menjaga performa kendaraanmu tetap prima.

Aki atau Accu

Tegangan yang ideal untuk aki seharusnya berada di kisaran 12, 3-12, 6 Volt saat mesin tidak menyala. Namun, ketika mesin sudah dinyalakan, tegangan aki akan stabil di angka 13, 7-14, 2 Volt. Ini adalah rentang tegangan yang optimal untuk menjaga kinerja aki dan memastikan bahwa kendaraanmu tetap dalam kondisi prima. Akan tetapi, bila tegangan aki tidak menunjukan angka ideal tersebut, besar kemungkinan terjadinya kebocoran atau terminal berkarat. Nah, jika sudah demikian memang sebaiknya aki segera diganti.

Ban

Saat melakukan servis motor, para mekanik sangat memperhatikan pemeriksaan terhadap tekanan udara di dalam ban, kondisi keseluruhan ban seperti apakah bannya sudah gundul atau tidak, serta faktor-faktor lain yang perlu diperhatikan. Hal ini sangat penting agar motormu selalu dalam kondisi optimal dan aman saat digunakan. Pasalnya, banyak kecelakaan terjadi karena pengendara tidak memerhatikan kondisi ban kendaraannya.

Tune up Motor Secara Berkala

Servis motor tune up merupakan langkah yang sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan performa motor. Dalam servis ini, semua komponen akan diperiksa secara teliti, terutama yang memiliki peran besar dalam performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan yang rutin dilakukan biasanya melibatkan pengecekan berbagai komponen penting seperti tekanan ban, kondisi lampu, pembersihan karburator (termasuk saringan udara), memeriksa kekuatan rantai, rem, dan klakson. Dengan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan ini secara teratur, kendaraanmu akan selalu dalam kondisi optimal dan siap untuk digunakan kemanapun.

Dan apabila tune up disertai dengan layanan penggantian oli mesin, oli gardan, atau bahkan penggantian sparepart. Kamu tidak perlu khawatir, karena mekanik biasanya meminta persetujuan terlebih dahulu. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Di sepanjang jalan seringkali kita lihat banyak bengkel motor berseliweran, namun kamu juga tidak bisa pilih bengkel motor sembarangan. Alih-alih ingin agar kendaraan kesayangan bisa terawat, yang ada justru malah sebaliknya. Sebagai rekomendasi tepat, kamu bisa pilih Planet Ban. Dengan ratusan cabang yang terbesar di Indonesia, Planet Ban siap memberikan servis terbaik agar motormu bisa seperti mesin baru, menarik kan?

Planet Ban memiliki sistem servis terpadu, yang memiliki tujuan agar dapat meningkatkan performa dari motor itu sendiri. Uniknya, sekalipun didukung sistem yang mumpuni, biaya servis di Planet Ban tetap hemat, lengkap dengan pengerjaannya yang cepat. Fokus daripada servis motor rasa baru yang dilakukan oleh Planet Ban adalah menyasar bagian vital yang seringkali terabaikan dan terlewatkan saat diservis.

Manfaat Nyata Melakukan Servis di Planet Ban

  • Terdapat oli dan cairan khusus berteknologi tinggi yang digunakan oleh Planet Ban dalam upaya meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Alhasil, mesin motor menjadi lebih terawat, awet dan tidak cepat rusak.
  • Planet Ban juga menyediakan sparepart asli, sehingga pemakaian motor menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
  • Dengan menyervis di Planet Ban, kamu cukup ganti oli setiap jarak tempuh mencapai 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), hal ini tentu membuat kamu tidak perlu sering ke bengkel, sehingga biaya servis menjadi lebih hemat.
  • Berkurangnya emisi motor yang akan berdampak pada lingkungan yang terjaga.

 Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dan di Tempat Lain

Yang paling mengesankan, pasca servis di Planet Ban, kamu akan mendapati motor yang bersih, enteng dan tarikannya madep. Berbanding terbalik jika kamu servis di tempat lain yang biasanya masih meninggalkan banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor, termasuk di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sebagai komitmen terhadap pelanggan, planet ban selalu senantiasa membersihkan seluruh bagian atau part mesin, mulai dari kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya pastinya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga tak heran bila motor kesayanganmu akan tampak seperti mesin baru.

Buat kamu yang masih mikir-mikir, sudah saatnya beralih denga melakukan service motor di Planet Ban, karena planet ban bisa bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Menariknya, harga service motor di Planet Ban yang pelayanannya powerful ini, dibandrol dengan harga yang terjangkau. Bahkan untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- dan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah,  sekarang kamu sudah tahu manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis. Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kamu service motor? Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

Sekarang jadi makin yakin, kan? Kalau rutin servis motor bisa bikin motor kesayanganmu tetep terawat, yuk segera ke Planet Ban dan rasakan layanan terbaik yang tak terlupakan, untuk servis motor rasa baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *