Cara Memilih Freight Forwarder Terpercaya yang Bisa Diandalkan


Siapa yang belum tau tentang freight forwarding atau pengiriman barang? Biasanya di indonesia ini cukup banyak dikenal oleh para eksportir atau importir. Berbicara freight forwarding kita akan banyak berbicara juga tentang bisnis khususnya bisnis yang bergerak di jasa kirim barang, baik menggunakan jalur darat, udara, ataupun melalui laut. Bukan hanya pengiriman barang saja yang forwarder lakukan tapi meliputi hal-ihwal urusan perizinan, penyimpanan, bahkan perencanaan yang matang terkait barang-barang yang dititipkan untuk dikirimkan nantinya.

Berbicara tentang perencanaan transportasi logistik pada jasa pengiriman yang dilakukan oleh perusahaan freight forwarding, haruslah dapat memenuhi kebutuhan para konsumennya. Terpenuhinya kebutuhan terkait efektivitas, efisiensi, serta keamanan dalam pengiriman barang adalah hal yang utama dalam urusan pengiriman barang. Hal tersebut diharuskan karena jenis pelayanan yang diberikan kepada konsumen adalah pelayanan pengantaran produk yang diharuskan aman sampai tujuan.

Kendati demikian, kita tahu bahwa tidak semua perusahaan freight forwarding itu dapat kita katakan profesional dan terpercaya. Kita juga sebagai masyarakat yang cerdas perlu mempertimbangkan banyak sekali hal dalam memilih perusahaan freight forwarding. Jangan sampai salah memilih, jika salah memilih alih-alih memudahkan kita dalam mengirim barang malahan forwarder membuat ribet pengirimannya. Hal tersebut mungkin saja menjadi fatal dalam pengiriman, seperti barang rusak, terlambat datang, atau bahkan sampai hilang. Keinginan menggunakan freight forwarder untuk mendapatkan untung yang besar, malahan mengalami kerugian jika salah memilih perusahaan freight forwarding yang profesional.

Cara Memilih Freight Forwarder yang Terpercaya

Banyak sekali penawaran yang akan anda dapatkan ketika anda dihadapkan dengan pemilihan jasa kirim barang. Sangatlah penting dalam memilih perusahaan freight forwarding yang profesional dan terpercaya. Kita harus menyadari bahwa pihak yang kita berikan tanggung jawab pengiriman atau forwarder memiliki tugas yang penting dalam membawa barang atau produk kita agar sampai ke penerima barang.

10 Tips Cara Memilih Freight Forwarder Terpercaya yang Bisa Diandalkan

Salah memilih forwarder akan membuat kerugian besar nantinya, jadi kita harus pintar-pintar dan tahu bagaimana cara memilih jasa forwarder yang tepat dan terpercaya. Jangan khawatir, dibawah ini adalah cara dan tips untuk dapat kita jadikan panduan ketika kita ingin memilih jasa freight forwarder yang tepat dan terpercaya ya:

  1. Informasi mudah didapatkan dan mendetail

Kita harus memilih perusahaan freight forwarding yang memiliki kemudahan akses informasi seperti nomor kontak yang mudah dihubungi, lokasi kantor yang jelas dan dapat dikunjungi, dan identitas terkait perusahaan juga harus lengkap dan mudah diakses. Kita jangan tertipu dengan tampilan website yang ditampilkan oleh perusahaan freight forwarder yang terlihat profesional saja, tapi ketika kita telusuri lebih jauh, ternyata perusahaan kecil dan belum profesional, jadi jangan mudah percaya dan terus menggali informasi ya.

2.            Periksa Evaluasi Pengalaman dan Reputasi

Periksa pengalaman freight forwarder dalam industri. Pilih perusahaan yang telah memiliki rekam jejak yang baik dan telah lama beroperasi. Cari tahu sudah berapa lama perusahaan tersebut telah berdiri, semakin lama perusahaan tersebut berdiri seakan dapat dilihat keprofesionalitasnya. Kita juga harus mencari testimoni dan ulasan dari klien sebelumnya untuk mendapatkan pengalaman yang baik terkait reputasi dari perusahaan tersebut.

Kita juga perlu melakukan riset sederhana untuk mengumpulkan informasi terkait perusahaan tersebut. Kita bisa mengumpulkan informasi terkait perusahaan tersebut memiliki kasus di masa lampau atau tidak? Kita juga bisa mencari informasi terkait penurunan kualitas di beberapa tahun terakhir? Karena keingintahuan tersebut sangat berguna untuk kita selaku pengguna jasa kirim sehingga memperkecil kerugian pada pihak pengguna jasa kirim.

3.            Lisensi dan Sertifikasi

Pastikan bahwa freight forwarder memiliki lisensi yang sah dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh otoritas terkait. Hal ini dibutuhkan untuk melihat seberapa terpercayanya perusahaan tersebut.  Selanjutnya, kita perlu memeriksa apakah perusahaan tersebut memiliki sertifikasi dari organisasi terkait, seperti International Air Transport Association (IATA) atau International Federation of Freight Forwarders Associations (FIATA).

4.            Memiliki Jaringan yang Baik di Dalam Negeri atau Luar Negeri (Global)

Freight forwarder perlu memiliki koneksi yang baik dalam industri pengiriman. Hal ini dibutuhkan karena koneksi sangat lah penting untuk melihat seberapa luas jangkauan perusahaan pengiriman dapat mengantarkan barang anda. Koneksi atau jaringan yang baik juga memungkinkan anda untuk mendapatkan Non Vessel Operator Common Carrier (NVOCC) dan operator dapat menegosiasikan tarif yang lebih baik untuk anda. Selain itu, jaringan juga akan membantu perusahaan tersebut untuk dapat memastikan dokumen dan otoritas lokal dapat di navigasikan dengan efisien nantinya.

5.           Pengalaman dalam Industri Anda

Pastikan freight forwarder memiliki pengalaman dalam menangani jenis barang yang Anda kirim. Kita harus melihat hal ini karena di beberapa freight forwarder memiliki keahlian khusus dalam menangani industri tertentu, seperti penanganan pada produk makanan, barang berbahaya, atau barang elektronik. Maka dari itu pengalaman dalam industri anda dapat dicocokan dengan freight forwarder yang anda cari.

6.            Pilih Layanan yang Lengkap

Banyak pengirim yang ingin barangnya terkirim dengan tidak banyak prosedur dan terima beres saja, jika seperti itu anda harus memastikan freight forwarder yang anda cara sudah memberikan layanan yang lengkap. Beberapa layanan yang termasuk pada jasa freight forwarder sebagai berikut:

· Hal-ikhwal pengurusan bea cukai, serta biaya tertagih pada setiap pelabuhan 

   transit atau pelabuhan tujuan.

· Pencarian rute pengiriman yang tepat, efektif, dan efisien.

· Pembayaran biaya freight, handling, dan biaya lainnya yang berkaitan dengan pengiriman.

· Pengaturan pengepakan barang dan pemuatan barang.

· Proses negosiasi tarif angkutan barang yang akan dikirimkan.

· Hal-ihwal pengurusan dan pengajuan klaim asuransi.

· Penawaran kutipan ekspor dan impor.

7.            Memberikan jaminan keamanan, Komunikasi,  dan Dukungan Pelanggan

Pilihlah perusahaan jasa freight forwarding yang mampu memberi anda jaminan keamanan pada barang atau produk anda. Perusahaan freight forwarding yang profesional umumnya akan memberikan garansi barang aman sampai penerima. Sehingga, jika terjadi kerusakan atau kehilangan dalam proses pengiriman, nantinya perusahaan pengiriman tersebut akan memberikan tanggung jawab atas kelalaiannya.

Baca: Manajemen Jasa Kurir Terbaik untuk Para Pebisnis

Selanjutnya, pilihlah freight forwarder memberikan layanan pelanggan yang baik dan dapat diandalkan. Anda perlu memeriksa sejauh mana mereka dapat memberikan informasi yang akurat dan merespons pertanyaan atau kekhawatiran Anda dengan cepat ketika proses pengiriman sedang berlangsung.

8.            Transparan Perihal Biaya, Kualitas Pengurusan Barang, dan Status  Pengiriman

Sangat penting untuk memilih perusahaan freight forwarding yang terbuka atas berbagai hal yang ada seperti tagihan atas pelayanan dan kualitas pengurusan barang. Forwarder harus memberikan tagihan yang terperinci dan sesuai dengan pelayanan yang mereka berikan. Anda harus memastikan dengan cermat tagihan dengan kualitas yang diberikan kepada anda. Jangan sampai karena tergiur forwarder murah, namun anda mendapatkan kualitas dari pelayanan yang tidak memuaskan nantinya.

Selanjutnya, saat barang yang sudah diberikan pada jasa freight forwarding, pada saat itu lah anda harus menaruh kepercayaan terhadap pihak jasa pengiriman tersebut. Maka dari itu, anda perlu memilih perusahaan yang transparan dalam pengiriman yang dilakukan. Anda dapat memilih jasa pengiriman yang memberikan fitur pengecekan status pengiriman secara real time sehingga anda dapat memprediksi kedatangan barang tersebut.

jasa forwarding terpercaya

9.            Kontrak dan Ketentuan

Anda harus membaca dengan cermat kontrak dan ketentuan yang ditawarkan pihak freight forwarder, jangan sampai ada kesalahan dalam kontrak yang anda inginkan namun tidak ada di dalam kontrak tersebut. Pastikan juga untuk dapat memahami syarat-syarat pengirimannya, terkait batasan tanggung jawab, dan banyak hal yang lain yang dapat mempengaruhi pengiriman anda.

10.         Merundingkan langsung

Sebaiknya ada perundingan langsung ketika ingin melakukan kerjasama pengiriman barang. Atur pertemuan langsung dengan calon freight forwarder untuk mendiskusikan kebutuhan Anda dan mendapatkan gambaran lebih jelas tentang layanan yang mereka tawarkan.

Itulah beberapa tips yang dapat diberikan untuk menjadi panduan anda saat hendak mencari jasa freight forwarding yang profesional dan terpercaya. Dengan melakukan penelitian menyeluruh dan menilai kualifikasi berbagai freight forwarder, Anda dapat membuat keputusan yang terinformasi dan memilih mitra logistik yang tepat untuk bisnis Anda. Pastikan selalu periksa dan seleksi freight forwarder yang akan anda gunakan ya. Kesuksesan dalam pengiriman yang anda lakukan adalah kunci dari berkembangnya bisnis yang ada lakukan.

Andalin adalah salah satu perusahaan freight forwarding yang memberikan kualitas layanan yang terbaik untuk klien. Sudah ada ratusan klien dan lebih dari 200 kota di setiap negara sudah menikmati jasa freight forwarder profesional ini. Andalin juga sudah masuk ke dalam dunia digital dengan platform digital bernama Andalin Go. Dengan aplikasi yang dibuat ini, para klien dapat melakukan permintaan pengurusan  dan pengiriman lebih simpel lagi karena tinggal menggunakan smartphone anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *