5 Aplikasi Paling Ampuh Buat Tracking Diet Sehat


Diet sehat sangat dianjurkan oleh para dokter, selain tidak menyiksa diri juga aman bagi tubuh. Jika kamu bingung cara melakukan diet yang baik dan benar maka bisa menggunakan bantuan aplikasi.

Untuk itu dalam artikel ini wongcerdas.com akan memberikan 5 rekomendasi aplikasi terampuh yang bisa kalian gunakan untuk tracking diet sehat. Penasaran apa saja aplikasi yang kami maksud? Ikuti artikel ini sampai habis. Namun sebelum itu, yuk cari tahu dulu apa sebenarnya diet sehat itu.

Apa Itu Diet Sehat?

Tips diet sehat

Diet sehat adalah pola makan yang mencakup makanan yang bergizi dan seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Pola makan sehat umumnya meliputi konsumsi makanan yang kaya akan serat, protein, vitamin, dan mineral, sementara membatasi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, gula, dan garam.

Diet sehat juga melibatkan jumlah asupan kalori yang seimbang dengan kebutuhan tubuh, sehingga dapat membantu menjaga berat badan ideal. Selain itu, diet juga melibatkan pilihan makanan yang tepat dan pengaturan waktu makan yang baik, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meminimalkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Aplikasi Untuk Tracking Diet Sehat

Jika kalian ingin melakukan diet sehat, maka bisa menggunakan aplikasi berikut sebagai panduan agar tidak salah diet dan membuat kondisi fisik lemah serta mudah terserang penyakit.

1. Calorie Counter by Lose It

Calorie Counter by Lose It! adalah aplikasi yang dapat membantumu untuk mencapai tujuan penurunan berat badan atau perubahan pola makan dengan memantau asupan kalori dan nutrisi harian. Aplikasi ini bisa digunakan untuk memasukkan informasi mengenai berat badan, tinggi badan, usia, dan tujuan penurunan berat badan. 

Kemudian, aplikasi akan memberikan rekomendasi kalori harian dan menu makanan yang sesuai dengan tujuan tersebut. Kamu bisa memasukkan informasi mengenai makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan aplikasi akan secara otomatis menghitung jumlah kalori dan nutrisi yang masuk. 

Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk memasukkan aktivitas fisik dan menghitung jumlah kalori yang terbakar. Dengan demikian, kamu dapat memantau kalori yang masuk dan keluar untuk mencapai tujuan penurunan berat badan atau perubahan pola makan untuk diet sehat.

2. Lose It

Jika kamu sedang mencari aplikasi yang dapat membantu menjalankan program diet sehat dan tepat, maka aplikasi Lose It! adalah pilihan yang tepat.

Aplikasi ini memberikan berbagai fitur untuk membantu mu, mulai dari menjalankan pola makan yang sehat, mempelajari kandungan nutrisi pada makanan, hingga menghitung jumlah kalori pada makanan yang hendak dikonsumsi.

Selain itu, kamu juga dapat mendapatkan rekomendasi resep sehat yang cocok dengan program dietmu. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat terhubung dengan aplikasi olahraga seperti Nike+ atau RunKeeper.

Kamu juga bisa terhubung dengan pengguna lain saat menggunakan aplikasi ini. Jadi dapat mempermudah untuk berbagi rencana penurunan berat badan. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mencoba aplikasi ini dan mulai menjalankan program dietmu.

3. Fat Secret

Aplikasi berikutnya yang kami rekomendasikan untuk tracking diet sehat adalah Fat Secret. Aplikasi ini dapat membantu kalian untuk menghitung kalori dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi secara mudah dan praktis.

Selain itu, Fat Secret juga menyediakan fitur untuk berinteraksi dengan pengguna lain dan membagikan resep sehat yang bisa membantu program diet mu.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah mengontrol asupan kalori harian dan memperoleh dukungan dari komunitas pengguna lainnya dalam menjalankan program diet sehat.

4. LifeSum

Jika kamu menggunakan perangkat Android dan ingin menurunkan berat badan, kamu bisa mencoba aplikasi diet LifeSum. Sistem kerja aplikasi ini cukup mudah, kamu hanya perlu menginformasikan berapa berat badan ideal yang kamu inginkan.

Setelah itu, LifeSum akan membantu kamu untuk menghitung jumlah kalori, protein, dan nutrisi lain yang perlu dikonsumsi setiap hari. Selain itu, terdapat juga berbagai tips seputar diet yang dapat membantumu mencapai tujuan penurunan berat badanmu.

5. Nike Training Club

Nike Training Club adalah sebuah aplikasi olahraga yang dirancang untuk membantu penggunanya dalam menjalankan program latihan, program diet sehat dan gaya hidup sehat. 

Aplikasi ini menawarkan berbagai jenis latihan dan program yang disesuaikan dengan tujuan dan kemampuan pengguna, mulai dari kardio, kekuatan, dan fleksibilitas hingga yoga dan meditasi. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur seperti panduan audio dan visual dari pelatih, musik-musik yang cocok untuk latihan, dan kemampuan untuk berbagi dan membandingkan kemajuan dengan teman-teman.

Tips Diet Sehat

Jika kamu ingin mulai melakukan diet sehat maka kami ada beberapa tips agar dietmu berhasil. Berikut adalah beberapa tips diet yang bisa kamu lakukan:

1. Konsumsi makanan yang seimbang 

Pastikan makanan yang kamu konsumsi seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Pilih makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

2. Hindari makanan olahan 

Makanan olahan mengandung banyak gula, garam, dan lemak tak sehat. Cobalah untuk memasak sendiri makanan sehat di rumah dan hindari makanan siap saji.

3. Hindari minuman manis 

Minuman manis seperti soda dan minuman berenergi mengandung banyak gula dan kalori kosong. Cobalah untuk mengganti minuman manis dengan air putih, teh herbal, atau infused water.

4. Batasi konsumsi alkohol 

Alkohol mengandung banyak kalori dan dapat merusak program dietmu. Batasi konsumsi alkohol dan pilih minuman rendah kalori seperti anggur atau vodka soda.

5. Lakukan olahraga secara rutin 

Olahraga membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuhmu. Lakukan olahraga secara rutin seperti jogging, bersepeda, atau angkat beban.

6. Tidur cukup 

Kurang tidur dapat membuat kamu merasa lapar dan makan lebih banyak. Pastikan tidur cukup setiap malamnya dan hindari begadang.

7. Jangan terlalu ketat pada diri sendiri 

Ingatlah bahwa program diet sehat adalah perjalanan, bukan tujuan akhir. Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan nikmati prosesnya.

Bisakah Diet Tanpa Harus Berolahraga?

Diet tanpa olahraga sebenarnya bisa dilakukan dengan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun, pada dasarnya olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Olahraga membantu meningkatkan metabolisme tubuh, membantu membakar kalori lebih banyak, dan meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh. Jadi, sebaiknya dilakukan kombinasi diet sehat dan olahraga secara teratur untuk mencapai hasil yang optimal.

Penutup

Semoga informasi mengenai aplikasi diet dan tips diet sehat yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca yang sedang menjalankan program diet. Ingatlah bahwa diet bukan hanya tentang mengurangi porsi makanan, tetapi juga memperhatikan kualitas nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. 

Selalu konsultasikan dengan ahli gizi jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu sebelum memulai program diet. Terima kasih telah membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *