Ini Dia Cara Dapet Untung dari Skill Kaligrafi Kamu


Kaligrafi adalah karya seni yang identik dengan tulisan Arab. Apakah kamu memiliki kesukaan untuk menulis Kaligrafi? Maka kamu berada pada pembahasan yang tepat. Sebab di dalam artikel ini akan membahas lebih lanjut tips dapat untung dari skill kaligrafi. 

Negara Indonesia sendiri lebih banyak yang mengenal kaligrafi Arab dibanding dari negara lain. Kaligrafi juga sebagai sebuah ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk dari huruf tunggal, letak-letak serta cara merangkai untuk menjadi tulisan yang lebih tersusun dan indah.

Kegunaan Kaligrafi 

Sebagai sebuah seni tulis arab yang indah, tentunya memiliki manfaat. Berikut ini kegunaan Kaligrafi : 

a. Penghias

Pada dasarnya kegunaan utama seni tulis arab ini adalah untuk menghiasi tempat-tempat dengan karya yang indah dan nyaman untuk dilihat.

b. Media Dakwah dan Ibadah

Selain menjadi hiasan, kaligrafi juga memiliki kegunaan untuk menjadi media dakwah dan ibadah. Ini karena pada dasarnya karya seni yang satu ini dibuat dengan tujuan untuk mengagungkan nama Allah sehingga kaligrafi tidak lepas dari poin-poin keagamaan.

c. Media Komunikasi

Tidak hanya sebagai media untuk berdakwah dan beribadah saja, kegunaan lain dari sebagai simbol media komunikasi atau alat untuk menyampaikan sebuah maksud tertentu. Kegunaannya ini bisa dilihat dari salah satu Sultan yang sempat memerintah Kerajaan Aceh Darussalam di masa lalu, yang menggunakan seni tulis arab ini untuk mengirim surat kepada pemimpin negara lain.

Cara Mendapatkan Untung dari Seni Kaligrafi 

Selanjutnya yang akan dibahas di dalam artikel ini adalah tips mendatangkan keuntungan dari seni tulis arab ini Hitung-hitung lumayan bukan, karena bisa sebagai hobi yang mendatangkan pendapatan tambahan atau passive income. 

Inilah Langkah agar Kamu dapat Untung dari Kaligrafi adalah : 

  1. Berjualan Kaligrafi Secara Pasif di Halaman atau Teras Rumah 

Jika kamu memiliki rumah yang terletak di lokasi yang cukup strategis misalnya saja, dekat dengan tempat keramaian seperti masjid besar, lokasi wisata atau pasar, ditambah kamu memiliki teras yang luas dimana dapat menjumpai dengan mudah orang berlalu lalang. Maka tidak ada salahnya kamu berjualan di teras rumah. 

Kamu bisa memajang karya seni tulis arab terbaik yang dimiliki. Peluang dari penjualan karya ini yakni selain mendapatkan uang, bisa saja kamu diajak kerjasama dengan perusahaan yang membuat buku-buku keagamaan

  1. Menjual Seni Tulis Arab dengan Menggunakan Sistem Reseller 

Sebenarnya sistem reseller umum digunakan dalam sistem bisnis. Di luar sana sudah banyak bisnis yang menggunakan sistem reseller. Apabila sistem reseller ini diterapkan dalam usaha penjualan seni tulis arab ini, maka keuntungan jual seni Kaligrafi adalah kamu akan mendapatkan orderan dengan jumlah yang cukup tinggi. 

Supaya kamu bisa memaintenance jumlah pesanan selalu tinggi maka yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan reseller aktif sebanyak-banyaknya. Kamu juga bisa memberi potongan harga untuk reseller, dan tentukan harga pasaran minimal. Jangan sampai reseller salah memberi harga, dimana mereka menjual lebih murah daripada harga yang sudah kamu tetapkan untuk umum. 

  1.  Menjual Karya Seni Tulis Arab dengan Sistem Pre-Order 

Ada banyak terobosan dalam jualan seni Kaligrafi adalah salah satunya dengan melakukan sistem pre-order. Sistem pre order ini akan membantu kamu untuk meminimalisir pemesanan yang membludak, sedangkan SDM dan bahan baku dalam pembuatan Kaligrafi masih terbatas.

Saat kamu membuka Pre-Order pastikan sudah menerapkan sistem DP kepada potensial customer. Tujuannya adalah menghindarkan kamu dari pelanggan yang curang. Usahakan pula waktu untuk membooking orderan fix misalnya H-7, dan ketika H-1 maka customer harus melunasi terlebih dahulu pesanan. Setelah itu, baru bisa Anda mengirimkan pesanan. 

  1. Jualan Seni Kaligrafi dengan Mobil 

Cara selanjutnya untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis Kaligrafi adalah berjualan dengan menggunakan mobil. Tentu saja ini berlaku jika kamu memiliki mobil atau ada kolega yang berkenan meminjamkan mobilnya untukmu. 

Kamu bisa memarkirkan mobil di pinggir saja yang sekiranya ramai dan strategis. Setelah mobil terparkir, kamu bisa memajang produk karyamu ini di bagian belakang mobil. Jangan lupa untuk memajang tulisan promo. Cara ini pasti akan membuat orang-orang yang lewat setidaknya merasa tertarik, jika beruntung mereka yang tertarik akan berhenti untuk membeli produkmu .

  1. Memasarkan di Sosial Media dan Marketplace 

Poin kelima agar kamu mendapatkan keuntungan dari penjualan Kaligrafi adalah dengan cara memasarkan di sosial media dan marketplace. Sebenarnya cara ini cukup klasik, dilakukan oleh setiap pebisnis, namun hasilnya masih dinilai efektif. 

Saat memasarkan di media sosial, kuncinya adalah konsisten untuk membuat konten yang menarik, melakukan promosi yang gencar, serta membuat keunikan tersendiri jualan kamu, yang membedakan dari kompetitor lainnya. 

Sementara untuk memasarkan di marketplace maka yang perlu kamu lakukan harga pasaran yang tepat. Harga ini tentunya sudah termasuk biaya admin dari marketplace itu tersendiri. 

Balaslah dengan cepat customer yang menawar lewat marketplace. Selain itu, kamu juga bisa melakukan live di marketplace, buatlah konten live semenarik mungkin agar orang-orang tertarik membeli daganganmu. 

  1. Berjualan di Acara Keagamaan 

Guna meraup keuntungan dalam bisnis Kaligrafi adalah berjualan saat acara keagamaan. Cara ini patut untuk kamu coba. Jika kamu ingin melakukan ini, maka kamu bisa menembusi panitia penyelenggara untuk mendapatkan informasi izin berjualan. 

Setelah mendapatkan izin, kamu juga perlu persiapan untuk menandai area untuk berjualan. Ini dilakukan agar tidak ada orang lain yang dengan seenak hati mengambil begitu saja wilayah dagangmu. 

  1. Berjualan Secara Door to Door 

Meski beberapa orang menganggap berjualan dengan door to door sangatlah jadul. Justru cara ini masih terbilang cukup efektif di tengah gempuran penggunaan media sosial yang masif. 

Memang pada dasarnya berjualan kaligrafi secara door to door akan melelahkan. Sebab terkadang ukuran kaligrafi yang terbilang cukup besar, maka akan cukup berat untuk dibawa. Namun dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan pelanggan yang potensial dan kadang ada yang menawar barang dagangan dengan harga yang lebih tinggi. 

  1. Mempromosikan dengan Brosur dan Baliho 

Cara kreatif yang bisa kamu lakukan untuk menunjang pemasaran lewat baliho dan membagikan brosur. Prosesnya bisa memasang iklan dari produk seni kaligrafi di Baliho yang terpampang di pinggir jalan. 

Jika pemasangan baliho memang terasa lebih mahal, karena beberapa agency pemasang iklan memang sengaja mematok harga yang cukup fantastis untuk baliho, maka Anda bisa beralih dengan cara membagi brosur. 

Kegiatan bagi brosur ini bisa Anda lakukan misalnya saja setelah selesai sholat jumat atau setelah mengikuti acara keagamaan. Jangan takut gengsi saat membagi brosur, sebab kegengsian hanya akan melenyapkan peluang baik yang akan menanti Anda kedepannya. 

Demikianlah cara agar mendapatkan untuk dari seni kaligrafi. Kunci dalam bisnis Kaligrafi adalah bagaimana menjaga kualitas produk, memasarkan seoptimal mungkin dan menjaga kepercayaan pelanggan. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba?

Yuk baca tips informative lainnya di wongcerdas.com 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *