Tutorial Cara Download Story WA Termudah Gapakai Repot


Pernahkah kalian ingin download story WA teman yang terlihat menarik untuk dibagikan kembali? Namun sayangnya Whatsapp tidak membekali fitur download pada aplikasinya. 

Tapi tenang, karena disini kami akan menjelaskan bagaimana cara download story WA termudah yang bisa kalian gunakan jika ingin mendownload story dari teman atau semua kontak WhatsApp yang ada di Hp.

Cara Download Story WA Tanpa Aplikasi dan Menggunakan Aplikasi

download story wa

Ada dua metode yang bisa kalian terapkan jika ingin mendownload story WA, yaitu dengan aplikasi maupun tanpa menggunakan aplikasi. 

Cara Download Story WA Tanpa Aplikasi

Pada beberapa produk HP, umumnya terdapat aplikasi file manager yang sudah terpasang secara default. Di dalam aplikasi ini, terdapat folder cache yang tersembunyi yang berfungsi untuk menyimpan foto dan video dari aplikasi WhatsApp.

Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengunduh cerita (story) dari WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi file manager di HP mu. 
  • Cari folder bernama “WhatsApp” atau “WA” di dalam aplikasi file manager. Biasanya, folder ini terletak di penyimpanan internal HP.
  • Setelah menemukan folder WhatsApp, buka folder tersebut.
  • Di dalam folder WhatsApp, cari folder bernama “Media”. Buka folder tersebut.
  • Di dalam folder Media, nantinya kamu akan menemukan beberapa folder termasuk folder WhatsApp Images dan juga folder WhatsApp Video. Buka folder tersebut, tergantung pada jenis media yang ingin kamu unduh.
  • Di dalam folder WhatsApp Images atau WhatsApp Video, kamu akan menemukan folder “Status”. Buka folder tersebut.
  • Di dalam folder Status, kamu akan menemukan foto atau video yang telah dilihat sebagai story di WhatsApp. 
  • Salin (copy) foto atau video yang ingin kamu download ke lokasi penyimpanan yang kamu inginkan di HP. Kamu dapat memilih folder lain di penyimpanan internal atau memindahkannya ke penyimpanan eksternal jika tersedia.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat memanfaatkan folder cache di aplikasi file manager untuk download story WA.

Cara Download Story WA dengan Aplikasi

Selain tanpa bantuan aplikasi, kalian juga bisa menggunakan aplikasi Google Files agar lebih praktis jika ingin download story WA. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi Google Files melalui Play Store jika HP kamu belum memiliki aplikasi tersebut.
  • Setelah terunduh, buka aplikasi Google Files.
  • Ketuk ikon tiga garis vertikal yang terletak di pojok kiri atas untuk membuka menu.
  • Pilih “Settings” dalam menu tersebut.
  • Geser tombol “Show Hidden Files” ke posisi aktif.
  • Klik ikon “Back” untuk kembali ke jendela utama Google Files.
  • Pilih “Internal Storage” untuk mengakses penyimpanan internal HP mu.
  • Temukan folder bertuliskan WhatsApp.
  • Klik folder “Media”.
  • Pilih folder “status”.
  • Di dalam folder “status”, kamu akan melihat berbagai status dari pengguna lain.
  • Untuk menyimpan status yang diinginkan, klik ikon titik tiga yang terletak di sebelah kanan file status tersebut.
  • Pilih “Copy to” dalam opsi yang muncul.
  • Kamu akan diarahkan untuk memilih folder tempat kamu ingin menyimpan status yang dipilih.
  • Pilih folder tujuan dan klik “Copy Here” di bagian bawah.
  • Selesai! Status WhatsApp yang kamu pilih sekarang telah disimpan di folder yang kamu tentukan.

Apakah Ada Cara Lain selain 2 Cara Diatas?

Selain menggunakan file manager bawaan dan aplikasi Google Files, kamu juga dapat menggunakan metode lain untuk menyimpan status WhatsApp. Berikut beberapa cara alternatif yang dapat kamu coba:

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menyimpan status WhatsApp. Aplikasi ini biasanya dapat ditemukan di Play Store. Contoh beberapa aplikasi tersebut adalah Status Saver, Status Save, atau Story Saver for WhatsApp. 

Unduh dan instal aplikasi yang kamu minati, lalu ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk menyimpan status WhatsApp.

2. Tangkapan Layar atau Perekam Layar

Cara lain untuk menyimpan status WhatsApp adalah dengan melakukan tangkapan layar atau merekam layar saat kamu melihat status tersebut. Namun, perlu diingat bahwa metode ini mungkin tidak memberikan kualitas yang sama dengan mengunduh aslinya, terutama jika status berupa video.

Alasan Orang Ingin Download Story WA

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin mengunduh atau menyimpan story WhatsApp (WA) orang lain. 

1. Menyimpan Kenangan

Story WhatsApp seringkali berisi momen-momen spesial atau berbagi pengalaman yang ingin seseorang simpan sebagai kenangan. Dengan mengunduh story WhatsApp, seseorang dapat menyimpan momen tersebut dan melihatnya kembali di masa depan.

2. Menghargai Konten Kreatif

Story WhatsApp seringkali berisi konten kreatif seperti gambar atau video yang dirancang dengan baik. Seseorang mungkin ingin mengunduhnya untuk mengapresiasi karya tersebut atau menggunakannya sebagai inspirasi untuk karya mereka sendiri.

3. Berbagi dengan Orang Lain

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin ingin berbagi story WhatsApp orang lain dengan teman atau kenalan mereka. Misalnya, jika story tersebut mengandung informasi penting, berita, atau momen yang menarik, seseorang mungkin ingin membagikannya kepada orang lain.

4. Menghindari Kehilangan Konten

Story WhatsApp bersifat sementara dan akan hilang setelah 24 jam. Dengan mengunduh story tersebut, seseorang dapat memastikan bahwa mereka tidak kehilangan konten yang mungkin menarik atau berharga bagi mereka.

Namun, penting untuk diingat bahwa mengunduh atau menyimpan story WhatsApp orang lain tanpa izin mereka dapat melanggar privasi. Sebaiknya selalu meminta izin terlebih dahulu sebelum mengunduh atau menggunakan konten orang lain, dan menghormati hak cipta serta kebijakan privasi.

Cara Meminta Izin Download Story WA Orang Lain

Ketika kamu ingin mengunduh atau menggunakan konten story WhatsApp orang lain, penting untuk meminta izin terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk meminta izin:

1. Sampaikan Niat Mu

Jelaskan kepada pemilik story WhatsApp alasan mengapa kamu ingin mengunduh atau menggunakan kontennya. Misalnya, kamu dapat menyebutkan bahwa menganggap konten tersebut menarik atau inspiratif, dan kamu ingin menyimpannya untuk penggunaan pribadi atau berbagi dengan orang lain.

2. Ajukan Permintaan dengan Jelas

Sampaikan permintaan mu secara langsung dan jelas. Misalnya, kamu bisa mengatakan, “boleh enggak saya download story WhatsApp kamu untuk dibagikan? Soalnya kontennya menarik!

3. Berikan Opsi untuk Menolak

Berikan pemilik story WhatsApp opsi untuk menolak permintaanmu. Jika mereka tidak merasa nyaman atau tidak ingin konten mereka diunduh atau digunakan oleh orang lain, hormati keputusan mereka dan jangan memaksa.

4. Terima Keputusan dengan Baik

Apapun keputusan yang diambil oleh pemilik story WhatsApp, terimalah dengan baik. Jika mereka memberikan izin, pastikan kamu menggunakan konten tersebut sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. 

Jika mereka menolak, menghargai keputusan mereka dan jangan melanjutkan pengunduhan atau penggunaan konten tersebut.

Nah sampai disini kalian sudah paham bukan bagaimana cara download story WA orang lain baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *