√ Cek 9 Ide Bisnis Kreatif yang Bisa Anda Coba di Tahun 2023


Pada saat ini memang banyak masyarakat yang sudah memulai membuka usaha bisnis kecil. Hal ini bertujuan agar bisa meraup keuntungan yang besar. Tentunya dengan model yang kecil. Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis. Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi ide bisnis kreatif yang ada di bawah ini.

Namun, sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa definisi usaha kreatif itu sendiri. Usaha kreatif yaitu kegiatan menjalankan bisnis dengan mengusung adanya inovasi dan juga keunikan. Sehingga usaha Anda akan terlihat berbeda dengan usaha yang lainnya. Usaha kreatif ini diambil dari kata kreatif itu sendiri yang pada dasarnya bisa artikan menghadirkan suatu benda atau suatu hal. Tentunya yang sebelumnya masih belum ada.

Beberapa Ide Bisnis Kreatif

Jika Anda sudah mengetahui mengenai pengertian ide kreatif. Anda bisa mencoba beberapa bisnis dengan ide kreatif yang ada di bawah ini, antara lain:

Ide Bisnis Kreatif Menjual Makanan

Ide yang pertama bisa Anda coba adalah dengan menjual makanan, baik makanan berat atau makanan ringan. Hal ini banyak digunakan karena tergolong mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Tentunya Anda juga akan memperoleh keuntungan yang lumayan besar.

Namun, sebelum melakukan bisnis ini. Anda bisa melakukan langkah awal yaitu mencari tahu terlebih dahulu mengenai apa kelebihan dan kekurangan jika Anda melakukan bisnis ini. Kemudian cari tahu juga mengenai apakah produk makanan tersebut sudah sesuai dengan target pasar atau belum.

Ide Bisnis Kreatif Menjual Minuman Kekinian

Jika Anda suka memperhatikan penjual yang ada di pinggir jalan atau bahkan di mall. Saat ini memang banyak yang menjual beberapa minuman. Mulai dari jus, kopi bahkan hingga beberapa minuman kekinian yang didominasi dengan rasanya yang manis. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu ide bisnis kreatif bagi Anda.

Namun, karena banyaknya pesaing yang ada tentunya Anda harus menciptakan minuman yang mempunyai ciri khas tersendiri. Hal ini bertujuan agar masyarakat tersebut penasaran dengan minuman yang Anda jual. Kemudian menjadikan mereka ingin membeli minuman tersebut. Untuk cara memulai bisnis ini Anda bisa menggunakan franchise, tentunya lakukan pencarian referensi terlebih dahulu.

Ide Bisnis Kreatif Desain Grafis

Ide usaha selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah desain grafis. Hal ini dikarenakan pada saat ini banyak sekali perusahaan yang sedang mencari jasa desain grafis. Terlebih lagi buat mereka yang sudah mempunyai ilmu mengenai desain visual itu sendiri

Untuk desain grafis sendiri pada saat ini terbagi ke dalam beberapa macam. Mulai dari desain grafis untuk marketing, advertising, motion graphic dan juga ilustrator. Maka dari itu langkah awal yang bisa Anda lakukan sebelum terjun ke dalam dunia desain grafis. Tentunya dengan menentukan terlebih dahulu apa keahlian Anda.

Ide Bisnis Kreatif Jasa Fotografer

Jika Anda menyukai dunia fotografi. Anda bisa membuat sebuah usaha bisnis jasa fotografer dan juga videografer. Terlebih lagi pada saat ini jasa ini memang banyak dibutuhkan. Mulai dari beberapa foto produk seperti makanan, minuman, pakaian bahkan sampai dengan peralatan rumah tangga. Selain itu, juga prewedding dan juga kelulusan saat wisuda.

Untuk jasa videografer banyak dibutuhkan ada saat membuat iklan promosi yang ada di media sosial, video klip musik dan juga video prewedding. Anda bisa melakukan langkah awal dengan membuat akun media sosial terlebih dahulu. Kemudian posting hasil foto dan video yang sudah Anda buat. Hal ini bertujuan agar pembeli yang hendak menggunakan jasa Anda tahu referensi hasil yang akan didapatkan.

Ide Bisnis Kreatif Web Designer

Ide bisnis kreatif yang satu ini memang hampir sama dengan bisnis desain grafis. Hal ini dikarenakan sama-sama mempunyai tugas untuk mendesain. Namun, pembedanya jika web designer tugasnya adalah merancang desain pada sebuah situs website.

Ada beberapa perusahaan yang saat ini sangat membutuhkan adanya jasa ini. Hal ini bertujuan agar website  perusahaan mereka bisa terlihat lebih rapi dan cantik. Dengan begitu, usaha yang satu ini memang terbilang menggiurkan. Namun, tentunya Anda harus mempunyai skill atau kemampuan pada bidang ini terlebih dahulu.

Menjual Preloved

Seperti yang Anda ketahui bahwa preloved merupakan barang bekas yang masih bagus dan masih dapat digunakan. Kegiatan ini banyak dilakukan saat ini. Biasanya barang yang dijual adalah barang milik pribadi dan sudah tidak digunakan lagi. Mulai dari pakaian, barang antik bahkan juga elektronik.

Langkah awal jika Anda ingin membuka usaha ini adalah dengan mengumpulkan barang apa saja yang hendak Anda jual. Kemudian Anda bisa memotret masing-masing barang tersebut. Selanjutnya share di media sosial yang Anda miliki.

Bisnis Online Shop

Jika Anda gemar melakukan belanja di beberapa toko online. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu ide bisnis kreatif bagi Anda. Misalnya saja hendak menjual pakaian, Anda bisa langsung melakukan penjualan tanpa harus membuka toko atau gerai terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa melakukan penjualan dari rumah dengan modal melakukan share postingan barang yang Anda jual.

Bisnis yang satu ini juga terbilang sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal, akan tetapi Anda sudah pasti mendapatkan keuntungan. Namun, perlu diingat jika Anda hendak melakukan bisnis ini. Pastikan Anda menjual barang dari seller yang terpercaya.

Jasa Fotokopi

Ide bisnis lainnya yang bisa Anda pilih adalah dengan membuka jasa fotokopi dan juga digital print. Bisnis ini bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan terlebih lagi jika dekat dengan sekolah atau universitas. Hal ini dikarenakan bisa membantu para siswa atau mahasiswa yang ingin melakukan cetak tugas atau bahkan skripsi.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah dengan membeli mesin fotocopy dan mencari lahan yang strategis. Memang harga dari mesin fotocopy terbilang mahal. Namun, keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis ini juga lumayan besar.

Laundry Kiloan

Selain beberapa usaha bisnis yang ada di atas. Anda bisa memilih bisnis lainnya yaitu dengan membuat bisnis laundry kiloan. Meskipun terkadang terlihat sepele, akan tetapi keuntungan yang bisa Anda dapatkan lumayan besar.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang masih membutuhkan jasa laundry ini. Misalnya saja bagi para ibu-ibu yang bekerja dan mereka tidak sempat untuk mencuci pakaian. Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari lokasi yang strategis. Tidak hanya itu, tentu juga dengan melakukan pembelian beberapa barang yang hendak Anda gunakan untuk bisnis tersebut.

Itulah beberapa hal mengenai ide bisnis kreatif yang bisa dilakukan. Tentunya dengan menggunakan modal yang kecil, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Anda bisa memilih salah satu dari rekomendasi yang ada di atas yang tentunya didasarkan dengan skill atau kemampuan yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan jika melakukan bisnis sesuai dengan bidang, maka Anda bisa menjadi sangat menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *