Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Gratis Terbaru 2023


Membaca novel di waktu luang bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Dan kabar gembiranya buat kamu para pecinta novel, ada beberapa rekomendasi aplikasi baca novel gratis terbaru nih.

Dengan menggunakan aplikasi baca novel gratis berikut. Maka kalian dapat mengakses berbagai judul novel tanpa harus membayar biaya berlangganan atau lain sebagainya. Kalian hanya perlu mendownload aplikasinya saja dan bisa langsung mulai menggunakannya.

Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Gratis

Berikut beberapa aplikasi baca novel gratis terbaru yang bisa kamu download dan instal jika ingin membaca novel tanpa harus dipungut biaya:

1. Wattpad

Aplikasi baca novel gratis yang pertama adalah Wattpad. Judul komik di aplikasi ini sangat banyak dan mencakup berbagai genre mulai dari cerita romantis, komedi, horor, aksi dan banyak lagi.

Dalam aplikasi ini, kamu dapat menikmati berbagai cerita menarik tanpa harus dipungut biaya. Kapanpun dan dimanapun kamu berada, sebab aplikasi ini mendukung di berbagai perangkat.

Selain itu, bagi kalian yang memiliki cerita atau karya fiksi sendiri, Wattpad juga menyediakan platform untuk mempublikasikannya. Dengan begitu, setiap orang memiliki kesempatan untuk berbagi cerita pada dunia melalui Wattpad.

2. GoodNovel

Sama seperti Whattpad, GoodNovel juga merupakan aplikasi baca novel yang menyajikan kisah-kisah menarik dari berbagai genre, seperti roman, fantasi, misteri, dan lainnya. Aplikasi ini menawarkan konten berkualitas dengan tampilan yang ramah pengguna. Kamu dapat membaca secara gratis, tetapi juga tersedia opsi untuk berlangganan agar dapat mengakses kisah premium.

3. Webnovel

Webnovel adalah platform baca novel yang menawarkan beragam cerita, termasuk terjemahan dari novel-novel Tiongkok dan Korea yang sangat populer. Kamu dapat membaca novel secara gratis dan memperoleh koin sebagai imbalan, yang bisa digunakan untuk membuka bab atau kisah premium.

4. NovelCat

NovelCat adalah aplikasi yang menawarkan berbagai novel dengan berbagai genre. Aplikasi ini menawarkan kisah-kisah menarik, update harian, dan dukungan untuk membaca offline. Kamu dapat membaca sebagian besar konten secara gratis, tetapi juga memiliki opsi berlangganan jika ingin menikmati berbagai fitur premiumnya.

5. AnyBooks

AnyBooks adalah aplikasi baca novel serbaguna yang menyediakan akses ke ribuan buku dan novel dalam berbagai bahasa. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan, serta memungkinkan kamu mengunduh buku untuk dibaca secara offline.

6. Oodles

Oodles adalah aplikasi baca novel gratis yang menawarkan koleksi novel klasik dan novel populer. Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur, seperti mode malam, pencarian novel berdasarkan judul, bebas iklan dan lain sebagainya.

7. iPusnas

iPusnas adalah sebuah aplikasi layanan digital gratis yang dikelola oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Perpustakaan digital nasional ini sudah mengumpulkan puluhan ribu judul buku dan ratusan ribu salinan koleksi buku elektronik. 

Di antara koleksi tersebut, kamu dapat menemukan berbagai jenis buku, termasuk novel terbaru hingga klasik, yang tersedia dalam berbagai genre di iPusnas. Dan menariknya, kamu bisa baca berbagai judul buku melalui aplikasi ini secara gratis.

8. Google Play Books

Google Play Books adalah sebuah platform yang menyediakan beragam judul buku, termasuk novel terbaru hingga buku yang mungkin sulit ditemukan dalam bentuk fisik. Aplikasi dari Google ini menyuguhkan berbagai fitur yang memungkinkan kamu untuk menikmati bacaan secara gratis atau dengan biaya tambahan. 

Selain bisa membaca, dan mendengarkan eBook, kamu juga dapat mengunggah berkas dan mencetaknya sesuai kebutuhan menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan Membaca Novel dengan Aplikasi Dibanding Buku Fisik

Membaca novel dengan aplikasi digital memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan buku fisik, dan berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Portabilitas

Aplikasi baca novel memungkinkan kamu membawa ribuan buku dalam satu perangkat, seperti smartphone atau tablet. Hal ini sangat praktis saat bepergian atau saat kamu ingin memiliki akses ke banyak buku tanpa membawa beban berat.

2. Kemudahan Akses

Kamu dapat mengakses buku digital kapan saja dan di mana saja, asalkan kamu memiliki koneksi internet atau telah mengunduh buku tersebut. Tidak perlu menunggu toko buku atau mencari buku di perpustakaan.

3. Pencarian Cepat

Aplikasi baca novel gratis seringkali memiliki fitur pencarian yang memungkinkan kamu mencari kata kunci atau halaman tertentu dengan cepat. Ini memudahkan dalam menemukan informasi atau mengingat kembali cerita tertentu.

4. Teks Mudah Disesuaikan

Dalam aplikasi baca novel, kamu dapat menyesuaikan ukuran teks, tipe font, dan pencahayaan layar sesuai keinginanmu. Ini membantu dalam kenyamanan membaca, terutama bagi kamu yang memiliki masalah penglihatan.

5. Bookmark dan Sorotan Digital

Kamu dapat menandai halaman, menambahkan bookmark, atau bahkan membuat sorotan dalam buku digital. Ini memungkinkan mu untuk mengingat kutipan-kutipan penting atau akses cepat ke halaman tertentu.

6. Ramah Lingkungan

Membaca digital mengurangi penggunaan kertas dan penyimpanan buku fisik. Ini membantu menghemat ruang dan berkontribusi pada perlindungan lingkungan.

7 Ada Rekomendasi dan Komunitas Online

Aplikasi baca novel memiliki fitur rekomendasi buku berdasarkan preferensi mu. Selain itu, kamu dapat bergabung dengan komunitas pembaca online untuk berdiskusi tentang buku, berbagi ulasan, dan mendapatkan saran bacaan.

8. Harga yang Lebih Terjangkau

Banyak buku digital tersedia dengan harga yang lebih terjangkau daripada versi cetaknya. Selain itu, ada juga banyak buku gratis yang dapat diakses.

9. Penyimpanan yang Tidak Terbatas

Dalam aplikasi baca novel, kamu tidak perlu khawatir tentang penyimpanan fisik buku. Kamu dapat memiliki banyak koleksi buku digital tanpa membatasi ruang penyimpanan mu.

10. Mendukung Banyak Bahasa

Aplikasi baca novel sering kali mendukung banyak bahasa, memungkinkan pembaca dari berbagai latar belakang bahasa untuk menikmati berbagai jenis buku.

Tips Baca Novel

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu agar lebih menyenangkan ketika membaca novel:

1. Pilih Genre yang Kamu Suka

Pilih genre yang kamu sukai, karena ini akan membuat membaca lebih menyenangkan. Misalnya saja jika kamu suka cerita romantis, fiksi ilmiah, misteri, atau sejarah? Pilihlah novel yang sesuai dengan preferensi mu.

2. Tentukan Tujuan Membaca

Apakah kamu membaca untuk hiburan, pembelajaran, atau relaksasi? Tujuanmu dalam membaca akan mempengaruhi cara mendekati novel. Misalnya, membaca untuk hiburan bisa lebih santai daripada membaca untuk pembelajaran.

3. Atur Waktu Membaca

Tentukan waktu khusus untuk membaca dalam rutinitas harian mu. Hal ini akan membantu kamu untuk konsisten dalam membaca dan menikmati waktumu dengan buku.

4. Hilangkan Gangguan

Cobalah untuk membaca di tempat yang tenang dan bebas dari gangguan. Ini akan membantu kamu lebih fokus pada cerita dan karakter dalam novel.

5. Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Jika kamu merasa bosan dengan buku tertentu atau merasa sulit untuk memahaminya, jangan ragu untuk meletakkannya. Membaca seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan, bukan beban.

Nah itu dia pembahasan tentang aplikasi baca novel gratis terbaru yang bisa kamu download dan gunakan. Semoga bermanfaat dan selamat membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *